Momentum Poltekkes Palembang Untuk Tingkatkan Daya Saing SDM

Momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia(RI) ke-72 dijadikan motivasi bagi Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Kota Palembang untuk meningkatkan mutu mahasiswanya agar mampu bersaing di dunia luar, baik mengatasi kemiskinan maupun pengangguran, setelah mereka menyelesaikan pendidikan.Hal tersebut diungkapkan Direktur Poltekkes Komenkes Palembang, drg Hj Nur Adiba Hanum Mkes usai melakukan upacara pengibaran Bendera Merah Putih di Gedung Poltekkes Kemenkes Palembang, Kamis (17/8).

Menurutnya, pada peringatan kemerdekaan kali ini,dirinya menekankan kepada Sumber Daya Manusia (SDM) di Poltekkes Kemenkes Palembang agar meningkatkan mutu terlebih kepada institusi, baik pendidikan maupun akademik, karena hal tersebut dirasa penting demi mengatasi tingkat penganguran, kemiskinan dan ketimbangan sosial. Dilanjutkannya, melalui kerjasama dan gotong-royong dirinya berharap agar SDM yang ada lebih menjadi progresif, optimis dan inovatif dalam membentuk karakter serta mental. Jadi, perubahan sistem dari pola lama dibuang dan ditingkatkan menjadi pola baru yang lebih maju.  “Tugas kita harus mampu melahirkan mahasisiwa yang berkualitas dan berdaya saing yang memiliki kemampuan relevan diusia produktif agar
kedepan mudah mendapat pekerjaan.

Untuk itu, kita tingkat-kan penguatan pendidikan dan jaminan kesehatan agar dipercepat sebagai bagian penting untuk kualitas layanan
pendidikan, publik dan efisiensi bebas dari korupsi,”ungkapnya. Dikatakannya, diusia ke-72 tahun bangsa Indonesia masih saja belum bisa mengatasi tingkat kemiskinan dan pengangguran. Untuk itu, percepatan pembangunan mutlak harus dilakukan. Jadi,sebagai Instusi pendidikan harus memperhatikan kompetisi pendidikan ketingkat dunia agar tidak hanya menjadi penonton, seperti kompetisi global, seharusnya pemerintah mempersiapkan vocasional.

“Meningkatkan kualitas SDM di Poltekkes Palembang ini agar setelah lulus mahasiswa kita bisa diserap baik dari luar maupun dalam negeri, hal ini juga guna mengurangi pengangguran dan kemiskinan yang terjadi pada masyarakat. Dengan semangat kemerdekaan Indonesia ke-72 mari kita kerja bersama untuk kejayaan bangsa Indonesia,” jelasnya. Untuk itu, ia melanjutkan, jadilah orang yang terbaik dalam bidangnya. Dengan kerja nyata agar bisa menjadi pemenang, berdaulat, mandiri dan tanamkan budaya anti korupsi. Demi menuju kemajuan Indonesia raya sebagai rakyat sejati mari bekerja sama, bersatu saling membahu demi kejayaan nusantara, tunjukan bahwa bangsa ini negeri yang kompak, sehingga negara Indonesia bisa disegani setiap negara di dunia. “Sebagai bidang pendidikan regulasi dan informasi kita bangun guna memperkuat konektivitas Poltekkes Kemenkes Palembang. Jadi bangunlah jiwanya, bangunlah badannya, kita harus menjadi bangsa agar menjadi lebih maju, supaya sejajar dengan bangsa besar didunia. Nuansa hari yang bersejarah ini tak pernah dilupakan dan terlupakan baik di kota maupun di pelosok desa pasti memperingati hari kemerdekaan Indonesia, karena tidak mudah merebut kemerdekaan negara ini, para pahlawan dengan senjata yang ada berjibaku mengorbankan nyawa mereka demi kesatuan untuk Negara Kemerdekaan Republik Indonesia (NKRI),”
ujarnya.

Di akhir sambutannya drg Hj Nur Adiba Hanum Mkes mengajak seluruh jajaran dan mahasiswa Poltekkes Kemenkes Palembang serentak mengucapkan “Dirgahayu RI, Dirgahayu Negeri Pancasila, Merdeka, Merdeka Merdeka”. Di sela upacara pengibaran bendera juga diberikan penghargaan Satya Lencana atas 30 tahun pegawai menjalankan tugas dengan baik. Kemudian diakhir acara dilakukan pemotongan tumpeng dalam rangka HUT RI ke-72 yang dilakukan Dirut Poltekkes Kemenkkes Palembang didampingi Pembantu Direktur I dan II serta Kasubag Adum. (rgn/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *