Instalasi Asrama

  • VISI
    Visi Asrama Mahasiswa di Iingkungan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan sebagai tempat tinggal untuk mencetak generasi yang cerdas secara intelektual, emosional dan spiritual.
  • MISI
    Untuk Mencapai Visi Asrama Mahasiswa di Iingkungan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Palembang tersebut dirumuskan sebagai berikut :
    1. Menumbuh kembangkan semangat berprestasi secara akademis.
    2. Menumbuhkan jiwa kepemimpinan dalam setiap mahasiswa
    3. Melaksanakan kegiatan yang dapat menumbuhkan semangat keakraban sesama mahasiswa dan kepedulian terhadap lingkungan
    4. Melaksanakan kegiatan pembentukan karakter mahasiswa melalui peningkatan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME

PROFIL INSTALASI ASRAMA

  • Latarbelakang

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Palembang merupakan salah satu Politeknik Kesehatan yang ada di Indonesia berdiri pada tanggal 18 April 2001 berdasarkan surat Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor : 298/Menkessos/SK/IV/2001. Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Palembang  merupakan institusi penyelenggara Pendidikan Tenaga Kesehatan yang mempunyai tanggung jawab untuk mempersiapkan peserta didik/mahasiswa menjadi tenaga kesehatan yang berjiwa nasional dan dapat diandalkan secara profesional serta memiliki sikap etis guna mengemban tugas dan melaksanakan pembangunan kesehatan. Untuk mewujudkan hal-hal tersebut yang dilandasi visi Politeknik Kesehatan Kemenkes Palembang yaitu  Unggul, Mandiri dan Terdepan maka diperlukan suatu program pembinaan mahasiswa yang terintegrasi berbasis multi-budaya dan dipersiapkan sejak mahasiswa tersebut diterima di Politeknik Kesehatan Palembang. Wadah pembinaan yang bersifat akademis dan multi-budaya merupakan kebutuhan mendesak, dengan demikian asrama merupakan salah satu pengembangan dari program Politeknik Kesehatan Kemenkes Palembang untuk mewujudkan lima pilar pendidikan Politeknik Kesehatan Kemenkes Palembang dalam rangka menghasilkan lulusan yang professional, disiplin, memiliki integritas, peduli, empati, jujur, dan bermoral tinggi.

Awal tahun 2019 Asrama Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Palembang bertambah dua dan tersebar dibeberapa wilayah antara lain :

  1. Asrama Jurusan Kebidanan Palembang yang berjumlah 168 orang
  2. Asrama Jurusan Keperawatan Gigi  Palembang yang berjumlah 75 orang
  3. Asrama Prodi Kebidanan Muara Enim yang berjumlah 154 orang
  4. Asrama Jurusan Keperawatan Baturaja yang berjumlah 174 orang
  5. Asrama Jurusan Keperawatan Lubuk Linggau yang berjumlah 157 orang
  6. Asrama Jurusan Keperawatan Lahat yang berjumlah 156 orang

Jadi jumlah mahasiswa Politeknik Kesehatan Kemenkes Palembang yang tinggal di asrama sampai bulan Juni 2019 sebanyak 884 orang sesuai perincian diatas.

Unit Asrama adalah unit penunjang teknis di bidang akomodasi bagi mahasiswa yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur dan secara teknis fungsional dibina oleh Wakil Direktur III.

  1. Unit Asrama dipimpin oleh seorang Kepala yang ditunjuk oleh Direktur;
  2. Unit Asrama mempunyai tugas memberikan pelayanan akomodasi bagi mahasiswa dan membantu pembinaan mahasiswa;
  • Tugas dan Fungsi
  1. Penyediaan dan pengelolaan;
  2. Pemberian layanan dan pendayagunaan asrama;
  3. Pemeliharaan Unit Asrama;
  4. Pengembangan Unit Asrama;
  5. Pelaksanaan urusan tata usaha Unit Asrama;
  6. Melakukan koordinasi dengan Sub Unit Asrama di masing-masing Jurusan

Tujuan

  1. Menyediakan tempat tinggal mahasiswa (khususnya mahasiswa baru) dan Mahasiswa tingkat II dan III yang disesuaikan dengan kapasitas Asrama.
  2. Menyediakan tempat tinggal yang sehat dan refresentatif.
  3. Menyediakan tempat belajar yang merupakan komponen dari kegiatan pembelajaran.
  4. Menyediakan tempat bagi pengembangan pribadi dalam pengembangan kedisplinan, rasa sosial, tanggung jawab, kemandirian dan kepemimpinan

Asrama  Poltekkes Kemenkes Palembang bertujuan pula untuk mencegah mahasiswa baru dari kemungkinan-kemungkinan adanya ketidak seimbangan dalam proses adaptasi mahasiswa terhadap lingkungan baru, yang pada gilirannya dapat memberikan rasa aman dan peningkatan kesejahteraan dan kenyamanan mahasiswa,agar pembinaan tersebut dapat berjalan dengan efektif dan efisien maka diperlukan partisipasi aktif dan kerjasama seluruh civitas akademika Poltekkes Kemenkes Palembang dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya yang dimiliki Poltekkes Kemenkes Palembang. Di setiap Jurusan dapat dibentuk Sub Unit Asrama sesuai kebutuhan.

Di masing-masing kampus ada yang terdapat asrama dan ada kampus yang tidak terdapat asrama, yang kampus mempunyai asrama dapat dimanfaatkan  oleh mahasiswa bagi yang berminat tinggal di asrama. Kampus/Jurusan yang mempunyai asrama saat ini yang ada wilayah Palembang yaitu Kebidanan  dan Keperawatan Gigi. Untuk Jurusan/Prodi diluar Palembang ada Kebidanan Muara Enim, Keperawatan Lubuk Linggau, Keperawatan Lahat dan Keperawatan Baturaja

  • Asrama
    – Asrama Jurusan Keperawatan Gigi

    – Asrama Jurusan Kebidanan

    – Asrama Prodi D-III Keperawatan Baturaja

    – Asrama Prodi D-III Keperawatan Lubuklinggau