Workshop Auditor Internal dan Pembuatan Borang Audit SPMI di Lingkungan Poltekkes Palembang Tahun 2017

WORKSHOP AUDITOR INTERNAL DAN PEMBUATAN BORANG AUDIT SPMI
DI LINGKUNGAN POLTEKKES PALEMBANG
06-09 Februari 2017

 

Dalam rangka memelihara dan meningkatkan mutu perguruan tinggi secara berkelanjutan (continuous improvement), yang dijalankan oleh perguruan tinggi secara internal untuk memenuhi SNPT, mewujudkan visi dan misinya, serta memenuhi kebutuhan stakeholders melalui penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi, maka Poltekkes Kemenkes Palembang sebagai salah satu institusi yang sudah dikenal baik dalam hal mutu merasa perlu untuk ikut bersama-sama dalam pengembangan mutu pendidikan tinggi di Indonesia termasuk penyebarluasan implementasi SPMI Perguruan Tinggi.

Sebagai langkah awal dalam menjaga pelaksanaan, pengawasan, monitoring & evaluasi, pengendalian serta peningkatan standar SPMI- PT, maka  pada tanggal 6-9 Februari 2017, Unit Penjaminan Mutu (UPM) telah melaksanakan Workshop Auditor Internal dan Pembuatan Borang Audit yang dilaksanakan di Hotel Santika Radial Palembang. Adapun narasumber yang menyampaikan materi dalam WS ini berasal dari Lembaga Penjaminan Mutu IPB, yaitu Bpk. Prof. Dr. Sudarsono, MS.c dan Bpk. Dr. Wonny A. Ridwan, SE, MM

 

Workshop yang dilaksanakan selama 4 hari ini merupakan penguatan serta kelanjutan dari Workshop maupun pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang pernah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya. dalam WS ini peserta terlihat sangat antusias karena pelatihan ini mengkombinasikan pemahaman, simulasi dan praktik. Peserta diberikan kasus-kasus untuk dipecahkan, melakukan simulasi perkelompok, kemudian melaksanakan praktik Audit Dokumen dan Audit Lapangan (Visitasi) pada 6 sampel prodi yang berbeda di lingkup Poltekkes Palembang, yaitu Prodi D3 dan D4 Kebidanan, Prodi D3 dan D4 Keerawatan, Prodi D4 Gizi serta Prodi D3 Analis Kesehatan.

Adapun pelaksanaan WS ini bertujuan untuk :

1. meningkatkan pemahaman dan ketrampilan pengelola penjaminan mutu internal dalam merancang Sistem Penjaminan Mutu dan Sistem Audit Internal
2. Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap standar mutu yang telah ditetapkan oleh masing-masing pengelola penjaminan mutu dalam pelaksanaan Tridarma perguruan tinggi.
3. Menyiapkan Auditor Mutu Akademik dan Non Akademik untuk pelaksanaan kegiatan Evaluasi SPMI.
4. Terpenuhinya instrumen borang audit SPMI yang mengacu pada standar borang BAN-PT

Diharapkan setelah mendapatkan teori dan praktik dalam WS ini terdapat persamaan persepsi dan panduan baku dalam pelaksanaan Audit Mutu Internal di lingkup Poltekkes Palembang, sehingga dapat dipahami bersama oleh segenap sivitas akademika sebagai langkah yang baik dalam peningkatan budaya mutu di Poltekkes Kemenkes Palembang.

 

Praktik Audit Mutu Internal di Lingkungan Poltekkes Palembang

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *