Visitasi Akreditasi LAM-PTKes D4 Kebidanan Tahun 2016

Visitasi Akreditasi LAM-PTKes
Prodi D IV Kebidanan Palembang
Oleh Asesor Dr. Yanti, SST, M.Keb, dan Esti Handayani, M.Mid
22 – 24 September 2016

    Akreditasi Program Studi yang dilakukan oleh  LAM-PTKes memiliki tujuan untuk mengevaluasi dan menilai, serta menetapkan status dan  peringkat mutu program studi berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan. Setiap program studi dan institusi pendidikan diharapkan memenuhi standar mutu tersebut, sehingga lulusannya, luarannya dapat bermanfaat bagi masyarakat, dan Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat dilaksanakan dengan baik. Pada tanggal 22-24 September 2016 telah dilaksanakan visitasi akreditasi di Jurusan Kebidanan dengan program studi Diploma IV Kebidanan di Politeknik Kesehatan Palembang oleh Tim LAM-PTKes yaitu Ibu Dr. Yanti, SST, M.Kes dan Ibu Esti Handayani, M. Mid. Kegiatan dimulai dari persiapan visitasi, pelaksanaan kegiatan visitasi dan penutupan. Persiapan kegiatan visitasi disiapkan oleh civitas akademika Prodi D IV Kebidanan. Kegiatan dibuka oleh Pembantu Direktur I Poltekkes Palembang Bpk. Eddy Susanto, SKM, M.Kes.

visitasi1

    Acara dilanjutkan dengan pengarahan oleh TIM LAM-PT, dan presentasi institusi oleh Pembantu Direktur I, kemudian dilanjutkan dengan presentasi program studi oleh Ketua Prodi D IV Kebidanan Ibu Hj. Nesi Novita, S.SiT, M.Kes. Kegiatan visitasi dilakukan pada berbagai standar yang telah disusun dan dilaporkan, kemudian diverifikasi keadaan sesuai kenyataannya.  Kegiatan ini juga melibatkan stakeholder lahan praktek (Rumah Sakit Muhammadiyah, Puskesmas dan Bidan Praktek Mandiri)., mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan yang diwawancarai oleh TIM LAM-PT. TIM juga melakukan peninjauan ke ruang kelas, ruang skills lab, mini hospital, perpustakaan, ruang dosen, konseling, dan fasilitas-fasilitas pendukung suasana akademik lainnya.

visitasi2

     Setelah dilakukan visitasi, TIM memberikan berbagai masukan untuk peningkatan mutu jurusan sehingga menjadi lebih baik lagi. Saran dan hasil visitasi tersebut dituangkan dalam laporan hasil visitasi, kemudian hasil itu akan dilaporkan ke LAM-PT dan juga berita acara diserahkan langsung kepada institusi melalui Pembantu Direktur I Poltekkes Palembang, dan Kaprodi DIV Kebidanan Palembang. Kegiatan ditutup oleh Pembantu Direktur I Poltekkes Palembang. Proses visitasi akreditasi ini memberikan makna dan manfaat yang sangat banyak bagi Jurusan Kebidanan khususnya Program Studi DIV Kebidanan Palembang sehingga nantinya menjadi Prodi yang menghasilkan Sarjana Terapan Kebidanan yang profesional dan mandiri dalam memenuhi pelayanan kebidanan serta unggul dalam pertolongan persalinan dengan hypnobirth tahun 2020, Semoga.(Intan Kumala – Unit Penjamin Mutu)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *