Visitasi Akreditasi LAM-PTKes D4 Keperawatan Tahun 2016

Visitasi Akreditasi LAM-PTKes
Prodi D IV Keperawatan Palembang
Oleh Asesor Sulastri, S.Kp, M.Kes dan Wiwi Kustio Priliana, A.Kep, S.Pd, MPH
29 September – 01 Oktober 2016

     Penjaminan mutu pendidikan tinggi sebagaimana yang diamanatkan dalam undang-undang pendidikan tinggi nomor 12 tahun 2012 dilaksanakan secara internal melalui Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) maupun penjaminan mutu eksternal melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Oleh karena itu setiap perguruan tinggi wajib melaksanakan 2 hal tersebut untuk mengawal mutu pendidikan sebagaimana yang tertuang dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Sesuai dengan kebijakan tersebut, sejak tahun 2014 Poltekkes Kemenkes Palembang telah mengusahakan proses akreditasi melalui BAN-PT di semua Program Studi. Pada tanggal 29 September – 1 Oktober 2016 telah dilaksanakan visitasi akreditasi di Jurusan Keperawatan dengan program studi Diploma IV Keperawatan di Politeknik Kesehatan Palembang oleh Tim LAM-PTKes yaitu Ibu Sulastri, S.Kp, M.Kes dan Ibu Wiwi Kustio Priliana, S.Pd, MPH. Kegiatan dimulai dari persiapan visitasi, pelaksanaan kegiatan visitasi dan penutupan. Persiapan kegiatan visitasi disiapkan oleh civitas akademika Prodi D IV Keperawatan. Kegiatan dibuka oleh Pembantu Direktur I Poltekkes Palembang Bpk. Eddy Susanto, SKM, M.Kes.

 

   Acara dilanjutkan dengan pengarahan oleh TIM LAM-PT, dan presentasi institusi oleh Pembantu Direktur I, kemudian dilanjutkan dengan presentasi program studi oleh Ketua Prodi D IV Keperawatan Ibu Hj. Ismar Agustin, S.Kp M.Kes.

  Kegiatan visitasi dilakukan pada berbagai standar yang telah disusun dan dilaporkan, kemudian diverifikasi keadaan sesuai kenyataannya.  Kegiatan ini juga melibatkan stakeholder lahan praktek (Rumah Sakit Muhammad Hoesin dan Puskesmas),  mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan yang diwawancarai oleh TIM LAM-PT. TIM juga melakukan peninjauan ke ruang kelas, ruang skills lab, mini hospital, perpustakaan, ruang dosen, konseling, dan fasilitas-fasilitas pendukung suasana akademik lainnya.

  Pada akhir sesi visitasi tim assesor menyampaikan bahwa tugas tim adalah untuk mengobservasi dan mengecek kesesuaian isian borang buku 3A dan 3B dengan sistem dokumentasi yang ada, dari hasil visitasi bisa didapatkan hasil ; sesuai, melebihi dari isian borang atau tidak sesuai dengan borang. Sedangkan penilaian/scoring akan dilaksanakan oleh majelis penilai. Hasil akhir skor akreditasi paling cepat dikeluarkan dalam waktu 2 minggu.

   Saran dan hasil visitasi tersebut dituangkan dalam berita acara format 4, 5 dan 9, kemudian ditandatangani oleh asesor dan diserahkan kepada Program Studi melalui Ka.Prodi D-IV Keperawatan Palembang dan kepada institusi melalui Pudir I.

 

   Kegiatan ditutup oleh Pembantu Direktur I Poltekkes Palembang. Proses visitasi akreditasi ini memberikan makna dan manfaat yang sangat banyak bagi Jurusan Keperawatan khususnya Program Studi D-IV Keperawatan Palembang sehingga nantinya cita-cita menjadikan Prodi D-IV Keperawatan yang Unggul dalam Bidang Keperawatan Kegawatdaruratan dan mampu bersaing secara Nasional pada tahun 2020 dapat terwujud, Semoga. (Intan Kumalasari – Unit Penjamin Mutu)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *