Presentasi Usulan Pendirian Prodi Profesi Bidan, Prodi D-IV Teknologi Laboratorium Medik Dan Prodi D-IV Promosi Kesehatan Di LLLDikti Wilayah II Tahun 2019

Palembang, 8 November 2019. Poltekkes Kemenkes Palembang pada tahun 2019 sedang mengusulkan pendirian 3 prodi baru yaitu Prodi Profesi Bidan, Prodi DIV Teknologi Laboratorium Medik dan Prodi DIV Promosi Kesehatan. Salah satu persyaratan pengusulan pembukaan program studi baru adalah Rekomendasi dari Lembaga Layanan Dikti (LLDikti). Poltekkes Kemenkes Palembang telah mengusulkan permohonan rekomendasi untuk tiga prodi baru yang akan dibuka ke LLDikti Wilayah II. Selanjutnya Prodi baru harus melakukan presentasi usulan atau pemaparan borang Instrumen Akreditasi Pendirian Prodi Baru di LLDikti Wilayah II yang berada di Jalan Srijaya No.883 Palembang. 

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala LLDIKTI Wilayah II, Bapak Prof.Dr.H.Slamet Widodo,M.S.,MM, dan dihadiri oleh 3 orang tim Evaluator dari LLDIKTI Wilayah II. Dari pihak Poltekkes Palembang dihadiri oleh Wakil Direktur I, Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan, serta tim dari masing-masing Prodi Profesi Bidan, Prodi DIV TLM dan Prodi DIV Promkes. Kegiatan Presentasi usulan pendirian prodi baru  ini dilaksanakan di Ruang Sidang Kantor LLDIKTI Wilayah II.

Kegiatan ini dimulai dengan presentasi atau pemaparan usulan pendirian prodi baru yang terdiri dari tiga kriteria yaitu Kriteria 1 Sumber Daya Manusia, Kriteria 2 Sarana dan Prasarana dan Kriteria 3 Kurikulum. Pemaparan pertama dari Prodi DIV Promosi Kesehatan yang disampaikan oleh Bapak Ridwan,S.Pd,M.Kes, pemaparan kedua dari Prodi Profesi Bidan yang disampaikan oleh Ibu Elita Vasra,SST,M.Keb dan pemaparan ketiga dari Prodi DIV TLM yang disampaikan oleh Bapak Erwin Adiansyah,M.Kes. Setelah presentasi masing-masing prodi mendapatkan pertanyaan berupa klarifikasi isian borang, saran dan masukan untuk perbaikan selanjutnya.

Tim Evaluator melakukan evaluasi dan verifikasi kelengkapan dokumen usulan pendirian baru selanjutnya akan diterbitkan rekomendasi pendirian atau pembukaan prodi baru dari LLDIKTI Wilayah II. Setelah Rekomendasi pendirian prodi baru dari LLDIKTI terbit maka proses akan dilanjutkan pada tahap berikutnya yaitu upload dokumen usulan prodi baru melalui aplikasi Silemkerma Dikti. Sehingga pada akhirnya akan diperoleh rekomendasi berupa Surat Keputusan atau Izin Pendirian Prodi Profesi Bidan, Prodi DIV TLM dan Prodi Promosi Kesehatan.

(Reported by : Kharisma Virgian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *