Visitasi Akreditasi LAM-PTKes D3 Keperawatan Baturaja

Visitasi Akreditasi LAM-PTKes

Prodi D III Keperawatan Baturaja

Dr. Abdul Aziz Alimul Hidayat, S.Kep, Ns, M.Kes  

Ni Ketut Kardiyudiani, M.Kep, Sp, Kep, KMB

3-5 November 2016

 

    Jum’at (04/11/2016) Poltekkes Kemenkes Palembang, tepatnya Prodi DIII Keperawatan Baturaja mendapat kunjungan atau visitasi dari tim asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) yaitu Bpk. Dr. Abdul Aziz Alimul Hidayat, S.Kep, Ns, M.Kes (UM Surabaya) dan Ibu Ni Ketut Kardiyudiani, M.Kep, Sp, Kep, MB (AKPER Notokusumo Yogyakarta).

Kedatangan mereka disambut oleh Direktur, Pudir, Ketua Jurusan, Ka. Prodi, Dosen, staf dan civitas akademika di Kampus Prodi D III Keperawatan Baturaja. Direktur Poltekkes Palembang, Ibu drg. Nur Adiba Hanum, M.Kes dalam sambutannya mengatakan, “Tujuan akreditasi LAM-PTKes bukan hanya untuk memberikan status dan peringkat akreditasi program studi saja, tetapi utamanya untuk menumbuhkan kesadaran, motivasi, dan langkah-langkah konkrit yang akhirnya bermuara pada budaya peningkatan mutu berkelanjutan di Poltekkes Palembang, khususnya di Prodi D III Keperawatan baturaja”

      Visitasi dalam rangka akreditasi Program Studi (Prodi) D3 Keperawatan Baturaja ini merupakan visitasi dan akreditasi yang pertama kalinya dari LAM-PTKes. Sebelumnya ditahun 2010 Prodi D3 Keperawatan Baturaja telah mendapatkan akreditasi dari Departemen Kesehatan RI dengan nilai B

Kegiatan visitasi diawali dengan welcome speech dan arahan dari ketua Tim Asesor LAM-PTKes yaitu Bpk. Dr. Abdul Aziz Alimul Hidayat, S.Kep, Ns, M.Kes.

   

   Jauhnya Jarak tempuh perjalanan Asesor menuju Prodi D III Keperawatan Baturaja (± 6-7 jam) menyebabkan kegiatan visitasi dipadatkan menjadi 1 hari yakni dimulai pukul 07.30 sd 22.00 WIB. Untuk efisiensi waktu, acara kemudian dilanjutkan dengan asesemen lapangan ke Prodi D3 Keperawatan Baturaja, diawali dengan peninjauan ke perpustakaan, ruang kelas, ruang laboratorium keperawatan, Asrama dan fasilitas-fasilitas yang ada di Kampus Prodi D III Keperawatan Baturaja, kemudian wawancara dengan mahasiswa, dosen, alumni dan stakeholder serta kunjungan ke lahan praktek (Rumah Sakit dan Puskesmas). Setelah itu diteruskan dengan sinkronisasi data borang 3A dan 3B.

   Setelah dilakukan sikronisasi, klarifikasi dan revisi, diakhir sesi visitasi tim asesor menyampaikan bahwa tugas tim asesor adalah untuk mengobservasi dan mengecek kesesuaian isian borang 3A dan 3B dengan sistem dokumentasi yang ada.

    TIM memberikan berbagai masukan untuk peningkatan mutu Program Studi, menjadikan institusi semakin baik dan terpercaya di mata masyarakat. Keunggulan prodi di bidang “home care” dengan memperhatikan “Nilai – nilai kearifan lokal merupakan pilihan yang tepat dan harus digarap dengan serius mengingat belum begitu banyak kompetitor sekolah kesehatan yang memiliki bidang unggulan di sini, dan Prodi D III Keperawatan Baturaja merupakan satu-satunya PS Kesehatan yang berstatus negeri sehingga animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke Prodi DIII Keperawatan Baturaja ini masih sangat tinggi.

Saran dan hasil visitasi dituangkan dalam laporan hasil visitasi, kemudian hasil itu akan dilaporkan ke LAM-PT dan juga berita acara diserahkan langsung kepada institusi melalui Direktur Poltekkes Kemenkes Palembang Ibu drg. Nur Adiba Hanum, M.Kes dan Ketua Program Studi DIII Keperawatan Baturaja Bapak. Saprianto, SKM, M.Kes Dengan pelaksanaan akreditasi ini Prodi D3 Keperawatan Baturaja diharapkan dapat memperoleh hasil yang terbaik dalam upaya untuk mengawal mutu pendidikan sebagaimana yang tertuang dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi (Intan Kumalasari – Unit Penjamin Mutu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *