PK2MB Polkesbang 2021 kembali dilakukan secara Daring

Setelah dunia dilanda Pandemi Covid 19 sejak Desember 2019, salah satu dampaknya adalah pembelajaran harus dilakukan secara daring. Demikian pula dengan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PK2MB) di Poltekkes Kemenkes Palembang (Polkesbang). PK2MB Polkesbang Kembali dilakukan secara daring seperti pada tahun 2020 lalu.

Kegiatan PK2MB ini dilaksanakan selama empat hari, diman pada hari pertama dan keempat dilaksanakan oleh Direktorat Polkesbang, sementara hari kedua dan ketiga dilaksanakan di Jurusan/Program Studi. Secara umum tujuan PK2MB tahun 2021 adalah untuk mengenalkan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru serta mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa.

Pembukaan dihadiri oleh Bapak Dr. Sugianto, M.App., Sc selaku Kapusdik SDM Kesehatan Badan PPSDM Kesehatan Kemkes RI dan diawali dengan menyanyikan lagu Indnesia Raya, dilanjutkan dengan laporan Direktur Polkesbang  Bapak Muhamad Taswin, S.Si., Apt., MM., M.Kes. Turut hadir secara luring pada pembukaan PK2MB, Bapak Ns. Lukman, S.Kep., MM., M.Kep selaku Wakil Direktur III sekaligus sesebagai Ketua Panitia PK2MB tahun 2021, Ibu dra. Ratnaningsih Dwi Astuti, Apt., M.Kes selaku Wakil Direktur I, dan Bapak Sapriant, SKM., M.Kes selaku Wakil Direktur II Polkesbang.

Pada laporannya, Direktur Polkesbang menyampaikan tema “PK2MB tahun 2021 adalah menyemai nilai budaya sehat mewujudkan mahasiswa Unggul di era pandemi”. Direktur Polkesbang melanjutkan laporannya bahwa Sipenmaru Polkesbang tahun 2021 dengan kuota mahasiswa baru berjumlah 1120 orang, dengan komposisi 35% diterima dari jalur PMDP, 5% jalur KTMSE, dan 60 % jalur SIMAMA serta jalur mandiri (SIMAMI) bagi Program Studi diluar kota Palembang.

Adapun jumlah peserta PK2MB sebanyak 1119 ditambah 33 orang mahasiswa yang tahun 2020 belum mengikuti PK2MB.

Rincian peserta PK2MB hasil Sipenmaru 2021, sebagai berikut:
1. D-IIII Keperawatan Palembang = 100 Org
2. D-III Keperawatan Kampus Bauraja = 80
3. D-III Keperawatan Kampus Lubuklinggau = 80
4. D-III Keperawatan Kampus Lahat = 79
5. D-III Gizi = 80
6. Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika – Reguler dan Alih Jenjang = 80
7. D-III Kebidanan Palembang = 100
8. D-III Kebidanan Kampus Muara Enim = 80
9. Sarjana Terapan Kebidanan = 80

10.Profesi Bidan = 40

  1. D-III Farmasi = 80
    12. D-III Tlm = 80
    13. Sarjana Terapan Teknik Laboratorium Medis (Tlm) = 40
    14. D-III Kesehatan Gigi = 80
    15. D-III Sanitasi = 80

 

Adapun materi yang melibatkan Narasumber dari luar Polkesbang adalah: 1) Arah dan Kebijakan Poltekkes, yang disampaikan leh Bpk. Dr. Sugianto, M.App., Sc, 2) Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, yang disampaikan oleh Bapak. Kombes Pol. Ratno Kuncoro, S.Ik., M.Si., C.J.J.E, selaku Direktur Intelkam Polda Sumatera Selatan, dan 3) Dampak penyalahgunaan Narkoba, Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, yang disampaikan oleh Brigjend Pol. Djko Prihadi, SH dari BNNP Propinsi Sumatera Selatan.

Selain, para pejabat di lingkungan Polkesbang, Dosen, dan Tenaga kependidikan, materi juga disampaikan oleh organisasi kemahasiswaan yakni Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

Hasil yang diharapkan dari kegiatan PK2MB ini adalah terbentuknya pribadi mahasiswa yang utuh, berkualitas, sukses dalam studi serta siap mengahadapi tantangan di masa depan.

(Reported by : Ns. Lukman, S.Kep., M.M., M.Kep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.