Penyelenggaraan Seleksi Tahap II Nusantara Sehat Periode I Tahun 2017 di Politeknik Kesehatan Palembang

Penyelenggaraan Seleksi Tahap II Nusantara Sehat Periode I
Tahun 2017 di Politeknik Kesehatan Palembang

(8 Maret 2017)

nusantara

Gambar 1: Registrasi Peserta Seleksi Tahap II Nusantara Sehat Periode I Tahun 2017

Fokus kebijakan Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) untuk periode 2015 – 2019 adalah penguatan Pelayanan Kesehatan (Yankes) Primer. Prioritas ini didasari oleh permasalahan kesehatan yang mendesak seperti angka kematian ibu dan bayi yang masih tinggi, angka gizi buruk, serta angka harapan hidup yang sangat ditentukan oleh kualitas pelayanan primer. Penguatan yankes primer mencakup tiga hal: Fisik (pembenahan infrastruktur), Sarana (pembenahan fasilitas), dan Sumber Daya Manusia (penguatan tenaga kesehatan).

Program Nusantara Sehat merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dicanangkan oleh Kemenkes dalam upaya mewujudkan fokus kebijakan tersebut. Program Nusantara Sehat bertujuan untuk menguatkan layanan kesehatan primer melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar di Daerah Tertinggal, Perbatasan, Kepulauan (DPTK) dan Daerah Bermasalah Kesehatan (DBK).

Kementerian Kesehatan melaksanakan program Nusantara Sehat sejak tahun 2015-2016, telah mengerahkan 1422 orang tenaga kesehatan ditempatkan pada 251 lokus puskesmas pada 91 Kabupaten/Kota di 28 Provinsi se Indonesia, meliputi 9 jenis tenaga kesehatan, yaitu dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, ahli teknologi laboratorium medik, tenaga gizi, dan tenaga farmasi.

nusantara1

Pada tahun 2017 Kementerian Kesehatan kembali membuka peluang bagi Putra dan Putri Bangsa untuk bergabung menjadi Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat di 140 lokus puskesmas seluruh Indonesia. Peserta Tim Nusantara Sehat melalui proses seleksi administrasi yang telah diumumkan pada tanggal 27 Januari 2017 dan saat ini sedang berlangsung seleksi Tahap II Nusantara Sehat Periode I Tahun 2017 yang terdiri dari test psikologi, Focus Group Discussion (FGD), dan wawancara mulai tanggal 8 – 15 Maret 2017 di 12 Kota Provinsi yaitu Banda Aceh, Medan, Padang, Palembang, Jakarta, Semarang, Surabaya, Pontianak, Kupang, Makassar, Ambon, Jayapura dan untuk seleksi di kota Palembang dilaksanakan di Politeknik Kesehatan Palembang mulai tanggal 8 – 11 Maret 2017.(Eva Rachmawati – Humas)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *