Benchmarking Persiapan Pembentukan Prodi Profesi Bidan dan Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medik di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Tahun 2019

Pada tahun 2019 Politeknik Kesehatan Palembang berencana akan membuka program studi baru yakni prodi profesi ners, prodi profesi bidan, prodi sarjana terapan teknologi laboratorium medik dan prodi sarjana terapan promosi kesehatan. Berbagai persiapan telah dilakukan untuk membuka program studi baru di lingkungan Politeknik Kesehatan Kemenkes Palembang mulai dari pembentukan tim Pembentukan Prodi Baru, kegiatan workshop yang mendukung pembentukan prodi baru dan berkonsultasi dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi. Kegiatan lainnya yang dapat dilakukan untuk lebih meningkatkan persiapan pembentukan prodi baru yakni dengan melakukan Benchmarking ke Institusi Pendidikan yang telah mendirikan prodi tersebut. Politeknik Kesehatan Yogyakarta merupakan salah satu Politeknik Kesehatan yang telah memiliki program studi profesi bidan dan prodi sarjana terapan teknologi laboratorium medik.

Pada tanggal 28 s.d 30 Agustus 2019 Politeknik Kesehatan Palembang melakukan kegiatan benchmarking ke Poltekkes Kemenkes Yogyakarta sebagai persiapan pembentukan program studi profesi bidan dan program studi sarjana terapan teknologi laboratorium medik.

Tim Pembentukan Prodi Baru Politeknik Kesehatan Palembang mendapat sambutan hangat dari Direktur Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta dan jajarannya. Kegiatan pembukaan benchmarking dilakukan di Ruang Garuda II Politeknik Kesehatan Yogyakarta yang dibuka langsung oleh Direktur Politeknik Kesehatan Yogyakarta Bpk. Joko Susilo, SKM, M.Kes. Dalam sambutannya bpk. Joko Susilo, SKM, M.Kes mempersilahkan tim Politeknik Kesehatan Palembang untuk dapat menggali berbagai informasi terkait pembentukan program studi profesi bidan dan program studi sarjana terapan teknologi laboratorium medik sebagai bekal yang akan dibawa ke Politeknik Kesehatan Palembang.

Dalam kegiatan benchmarking ini, bpk. Muhamad Taswin, S.Si, Apt, MM, M.Kes selaku direktur Poltekkes Kemenkes Palembang memberikan sambutan dan memperkenalkan tim pembentukan prodi baru dari Poltekkes Kemenkes Palembang. Poltekkes Kemenkes Palembang mengirimkan tim Pembentukan prodi baru yakni Ibu Elita Vasra, SST, M.Keb selaku Ka. Prodi D4 kebidanan, 5 orang dosen Prodi D4 Kebidanan (Eprilla, M.Keb, Aprilina, M.Keb, Nurul Komariah, M.Keb, Kharisma Virgian, M.Keb dan Sari Wahyuni, M.Keb) dan 4 orang dosen Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medik (Erwin Edyansah, M.Kes, Ardiya Garini, M.Kes, Anton Syailendra, M.Biomed dan Sri Hardiyanti, M.Biomed). Selain itu kegiatan ini diikuti juga oleh Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Poltekeks Kemenkes Palembang Bpk. Podojoyo, SKM, M.Kes.

Dalam kegiatan pembukaan ini dilakukan penandatanganan berita acara kegiatan benchmarking dan pemberian cindera mata dari kedua belah pihak. Setelah kegiatan pembukaan tim poltekkes kemenkes palembang berkunjung ke kampus jurusan Kebidanan dan kampus jurusan teknologi laboratorium medik untuk mendapatkan informasi lebih dalam lagi mengenai pembentukan program studi baru, melihat sarana dan prasarana yang tersedia di kampus kebidanan dan teknologi laboratorium medik serta melihat dokumen pendukung borang prodi baru.

Setelah kegiatan benchmarking ini diharapkan persiapan pembentukan program studi baru akan lebih baik lagi mulai dari pengisian borang, tersedianya dokumen penunjang serta sarana dan prasarana terkait pembentukan prodi baru dapat difasilitasi sehingga proses pembentukan prodi baru dapat berjalan dengan lancar dan Program studi profesi bidan dan sarjana terapan teknologi laboratorium medik segera memperoleh izin pembentukan prodi baru. Amin….

(Reported by : Sari Wahyuni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *