Workshop Eksklusif Eprints Repository, Indeks DOAJ dan Reakreditasi Jurnal Tahun 2022

Yogyakarta, 28-29 Oktober 2022. Untuk meningkatkan manfaat dan pengoptimalan repository serta reakreditasi Jurnal Poltekkes Palembang. Unit IT, Pengelola Jurnal dan P2M mengikuti pelatihan Workshop Eksklusif Eprints Repository, Indeks DOAJ dan Reakreditasi Jurnal di Hotel Forriz Yogyakarta. Pokok Pembahasan Hari Pertama yaitu Membahas Manajemen Repositori kampus/ Institusi dengan pembicara M. Yunus, M.Kom dari Politeknik Negeri Jember, Poin pembahasanya yaitu:

  1. Kebijakan Repository Bagi perguruan tinggi,
  2. Pengenalan Repository Serta Setting dan Konfigurasi Eprint Sesuai Standar Rama,
  3. Manajemen Deposit Karya Ilmiah Mahasiswa dan Dosen,
  4. Tata Cara Review Deposit serta Indeksasi Eprint dan Ditutup diskusi

Pokok Pembahasan Hari Kedua yaitu membahas Indeksasi DOAJ dan Re Akreditasi Jurnal dengan Pembicara Dr. Andri Putra Kesmawan, S.IP., MP dari ID Publishing, Poin Pembahasannya yaitu :

  1. Pedoman Akreditasi Terbaru,
  2. Diskusi dan Bedah Jurnal,
  3. Strategi Penyiapan Indeksasi DOAJ,
  4. Finalisasi Submit Akreditasi dan Submit DOAJ dan Ditutup diskusi

Dengan selesainya kegiatan Workshop ini. Unit IT, Pengelola Jurnal dan P2M dapat menarik kesimpulan bahwa Repository di Poltekkes palembang harus melakukan penyesuaian mulai dari aplikasi repository yang sekarang Omeka perlu di ganti dengan EPrints yang lebih baik dalam hal Manajemen, keamanan dan sesuai standar RAMA (Repository Tugas Akhir Mahasiswa) serta untuk Reakreditasi Jurnal di poltekkes palembang harus menyesuaikan dengan pedoman akreditasi terbaru, mempersiapkan untuk DOAJ dan menyiapkan strategi untuk submit Akreditasi.

(Reported by : Septian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *