Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru ( PKKMB ) Poltekkes Kemenkes Palembang Tahun 2022

Palembang, 25 Juli 2022, Kegiatan dilaksanakan dengan metode hybrid yaitu menggabungkan metode luring dan daring yakni untuk Program Studi di kampus utama di Palembang dilaksanakan secara luring sementara Program Studi diluar kampus utama ( Prodi D3 Keperawatan Lubuklinggau, Prodi D3 Keperawatan Baturaja, Prodi D3 Keperawatan Lahat dan Prodi D3 Kebidanan Muara Enim ) dilaksanakan secara daring. Kegiatan dimulai pada pukul 07.00 WIB diawali dengan registrasi, pembukaan dan pembacaan do’a agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar, diteruskan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, mendengarkan Mars Poltekkes Palembang, lalu pemutaran video Profil Poltekkes Kemenkes Palembang.

Kegiatan dihadiri oleh :

  1. Dirjen Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan RI ( Ibu drg. Arianti Anaya, MKM ) secara daring
  2. Para narasumber eksternal PKKMB
  3. Kepala BNNP Sumatera Selatan
  4. Komandan Kodim 0418 Kota Palembang
  5. Para Ketua Organiasasi Profesi
  6. Para narasumber internal PKKMB
  7. Para Wakil Direktur
  8. Kepala SPI Poltekkes Kemenkes Palembang
  9. Kepala Sub Bagian Poltekkes Kemenkes Palembang
  10. Para Ketua Jurusan di ingkungan Poltekkes Kemenkes Palembang
  11. Para Ketua Prodi di lingkungan Poltekkes Kemenkes Palembang
  12. Para Dosen dan Tenaga Kependidikan di lingkungan Poltekkes Kemenkes Palembang
  13. Presiden Mahasiswa dan Ketua Umum Majelis Permusyawaratan Mahasiswa
  14. Seluruh Mahasiswa Baru ( Maba ) Poltekkes Kemenkes Palembang tahun 2022

Acara dilanjutkan dengan laporan kegiatan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Palembang ( Bapak Muhamad Taswin, S.Si,Apt, MM, M.Kes ), beliau menyampaikan bahwa “ Visi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, adalah “Terwujudnya Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berdasarkan gotong royong “ dengan MISI pertamanya Peningkatan kualitas manusia Indonesia.

Berdasarkan Visi misi Presiden tersebut Kementerian Kesehatan merumuskan Visi “ Menciptakan manusia yang sehat, produktif, mandiri dan berkeadilan “ dengan tujuan strategis yang nomor 4 Peningkatan sumber daya kesehatan. Sumber daya manusia ( SDM ) kesehatan adalah komponen kunci untuk menggerakkan pembangunan kesehatan. SDM kesehatan berperan penting dalam meningkatan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan yang optimal.

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan RI yang berjumlah 38 Poltekkes menjadi salah satu dari pencetak tenaga kesehatan yang berkualitas, professional dan kompeten untuk menopang upaya peningkatan SDM Kesehatan. Poltekkes Kemenkes Palembang adalah salah satunya yang berada di Provinsi Sumatera yang memiliki 7 Jurusan  dan 15 Prodi yaitu :

  1. Jurusan Keperawatan ( 4 Prodi )
  2. Jurusan Kebidanan ( 4 Prodi )
  3. Jurusan Gizi (
  4. Jurusan Farmasi
  5. Jurusan Kesehatan Gigi
  6. Jurusan Teknologi Laboratorium Medis ( TLM )
  7. Jurusan Kesehatan Lingkungan

Sejak berdirinya pada tahun 2001 sampai saat ini, Poltekkes Kemenkes Palembang memiliki 17 Program Studi, termasuk Prodi Pengawasan Epidemiologi yang merupakan pionir dibukanya Prodi D3 Pengawasan Epidemiologi yang selama ini hanya ada tingkat Sarjana di Universitas – Universitas lain. 4 diantaranya ada di luar kota Palembang, yakni : Prodi D3 Keperawatan Lubuklinggau, Prodi D3 Keperawatan Baturaja, Prodi D3 Keperawatan Lahat dan Prodi D3 Kebidanan Muara Enim.

Beliau juga menyampaikan bahwa untuk mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas, Poltekkes Kemenkes Palembang melakukan tahapan penerimaan mahasiswa baru ( Sipenmaru ). Selama proses Sipenmaru diperoleh pendaftar sebanyak 14.690 orang melaui metode jalur penelusuran minat dan prestasi 327 orang, jalur keluarga tidak mampu secara ekonomi sebanyak 2.891 orang, jalur Simama CBT sebanyak 10.299 orang, jalur Simami CBT Reguler sebanyak 798 orang dan jalur CBT Alih Jenjang dan Profesi Bidan sebanyak 375 orang. Namun yang terjaring hanya 1.245 mahasiswa ( 8,48 % ) perbandingannya adalah 1 : 11,80 atau 1 yang diterima dari 12  pendaftar.

Oleh sebab itu melalui forum ini saya ucapkan “ Selamat kepada Mahasiswa Baru Poltekkes Kemenkes Palembang tahun akademik 2022/2023 “

Disampaikan juga bahwa kegiatan PKKMB ini dimulai sejak hari ini tanggal 25 s.d 28 Juli 2022. Secara umum tujuan PKKMB ini adalah untuk memberikan pembekalan kepada mahsiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus.

Adapun narasumber pada kegiatan ini berasal dari KODIM 0418, BNNP Sumsel, Organisasi Profesi yaitu SPT dari PPNI, IBI, PAFI, Persagi, PTGMI, dll. Disamping itu juga beberapa narasumber dari internal yang menyampaikan tentang Revolusi mental, gerakan anti korupsi/anti gratifikasi dan seterusnya. Selain itu juga dari unsur  mahasiswa yang diwakili oleh Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) dan Badan Ekskutif Mahasiswa.

Dilaporkan juga bahwa setelah pendataan vaksinasi booster ( ketiga ) bagi mahasiswa baru belum mencapai 2 %. Oleh sebab itu setelah kegiatan PKKMB ini akan dilanjutkan kegiatan vaksinasi bagi mahasiswa yang belum mendapatkannya. Dengan harapan agar dapat meningkatan imunitas para mahasiswa baru terhadap Covid – 19 sehingga pada gilirannya mahasiswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan selesai tepat pada waktunya.

Diakhir laporannya Direktur mohon perkenannya agar Ibu Dirjennakes dapat memberikan sambutan, arahan dan sekaligus membuka acara secara resmi.

Selanjutnya Ibu Dirjennakes dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru yang telah sukses bergabung dengan Poltekkes Kemenkes Palembang. Beliau juga berharap agar semua maba dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan tertib. Mulailah dengan membiasakan diri disiplin agar dapat meraih kesuksesan yang optimal. Dalam arahannya beliau juga berpesan agar maba dalam menghadapi era globalisasi dapat menahan diri untuk tetap berpaut kepada jalan yang benar, tidak terpengaruh dengan narkoba atau hal-hal negatif lainnya yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Diakhir sambutannya beliau mengucapkan Bismillahhirrohmannirohim membuka acara ini secara resmi.

Selanjutnya dilaksanakan penyematan tanda peserta secara simbolis dan dilanjutkan dengan penyampaian materi-materi.

(Reported by Listrianah, M.Kes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.