PUI-PK Poltekkes Kemenkes Palembang

Penjelasan Logo:

  1. Lingkaran dengan Tulisan bermakna Bahwa Politeknik Kesehatan Palembang Memiliki Institusi Kesehana Komplementer Mandiri.
  2. Lingkaran  Hijau Dan Biru  Merupakan Symbol Hypnosis.
  3. Bunga Teratai Wazrna Pink Bermakna Kemurnian dan Pengabdian Yang  Menerangi Laksana Mentari.
  4. Dua Tangan Bermakna Pijat Akupresure dan Energi
  • Visi

Menjadi Pusat Rujukan Kesehatan Komplementer yang Unggul, Inovatif dan Berdaya Saing.

  • Misi
  1. Menjadi pusat rujukan kesehatan komplementer nasional yang terstandar.
  2. Menjadi pusat pelatihan tenaga kesehatan berbasis komplementer.
  3. Mewujudkan kesehatan komplementer berbasis budaya lokal.

Sejarah PUI-PK

Pusat Unggulan Iptek adalah sebuah organisasi independen atau non-independen, yang melaksanakan riset bertaraf Internasional, relevan dengan kebutuhan perkembangan ilmu dan teknologi.

Berdasarkan amanat Perpres No. 2 tahun 2015 tentang RPJMN 2015 -2019 dan Intruksi Kepala Badan PPSDM Kesehatan RI No. DP.03.01/3000716/2017 tanggal 28 Februari 2017 tentang  Instruksi Penguatan Sistem Penjaminan Mutu Internal Untuk Peningkatan Status Akreditasi poin 12 yaitu mengembangkan  dan  mengoptimalkan  sumber  daya  Poltekkes  Kemenkes  dalam rangka  menjadi Pusat Unggulan Iptek Pendidikan Tinggi  Tenaga  Kesehatan, sebagai cikal bakal terbentuknya PUI-PK atau Center Of Excellence  pendidikan tinggi tenaga kesehatan. Salah satu upaya Poltekkes Kemenkes Palembang dalam meningkatkan iptek adalah membentuk Pusat Unggulan Iptek Poltekkes Kemenkes (PUI-PK) Palembang

Poltekkes Kemenkes Palembang, memilki potensi dalam merealisasikan instruksi Kepala Badan PPSDM Kesehatan tersebut,   karena mempunyai SDM yang mampu melakukan penelitian dan mengembangkan riset teknologi untuk kepentingan penguatan daya saing serta inovasi produk, untuk mendukung terwujudnya PUI-PK ini, maka dibentuklah Tim PUI-PK Palembang. Sebagai bentuk penguatan kelembagaan PUI-PK Palembang, maka disahkanlah dengan Surat Keputusan Direktur Nomor HK.02.02/I.1/2070/2019: Tanggal 27 Maret 2019.

PUI-PK Palembang menetapkan Kesehatan Komplementer (Complementary in Health) sebagai unggulan iptek dikarenakan metode pengobatan ini menjadi alternatif pengobatan yang sangat diminati oleh masyarakat dan diperkirakan 80 % masyarakat Indonesia mencari pengobatan alternatif komplementer. Kemudian ditunjang oleh SDM yang berada di PUI-PK Palembang sebagian besar telah memiliki sertifikat keahlian komplementer.

Menurut PMK RI Nomor. 1109/MENKES/PER/IX/2007 Pengobatan komplementer alternatif adalah pengobatan non-konvensional yang ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang diperoleh dengan pendidikan terstruktur dengan kualitas, keamanan dan efektifitas tinggi,  berlandaskan ilmu pengetahuan biomedik, yang belum diterima dalam kedokteran konvensional melalui intervensi tubuh dan pikiran, seperti; hypnotherapi, bekam, akupunctur, yoga, massage, EFT dan healing.

Diharapkan dengan adanya PUI-PK Palembang dengan unggulan Kesehatan Komplementer, dapat menghasilkan inovasi dan daya saing sains dan teknologi dalam pengobatan komplementer melalui riset yang berkelanjutan.

Struktur Organisasi PUI-PK

Manajemen


Produk Unggulan

  1. Kelas Ibu Berbasis Komplementer
  2. Home Care Berbasis Komplementer
  1. Undangan Menjadi Pembicara Internasional
  2. Sebagai Pemakalah Internasional
  3. Kunjungan Lembaga Internasional ke Pusat Unggulan Iptek
  4. Publikasi Ilmiah Nasional Terakreditasi
  5. Publikasi Ilmiah Internasional Terakreditasi
  6. Paten Terdaftar atau HKI
  7. Lulusan S2 Berbasis Riset PUI-PK
  8. Pengelolaan Seminar / Simposium Berskala Internasional
  9. Pengelolaan Jurnal Nasional Terakreditasi
  1. Kontrak Riset Tingkat Nasional.
  2. Kontrak Riset Tingkat Internasional.
  3. Kontrak Non-Riset
  4. Produk Berbasis Sumber Daya Lokal.
  5. Produk yang Dilisensikan.
  6. Kontrak Bisnis.
  7. Unit Bisnis.
  8. Pembinaan UMKM.
  1. Kegiatan WS
  2. Studi banding
  3. Webinar
  4. Penguatan Kelembagaan
  5. FGD
  6. Pelatihan IT
  7. Sosialisasi PUI-PK
  8. Riset dan Pengabmas
  9. Confrensi International

sttttt still updating…

Dokumentasi PUI-PK