Site icon Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Palembang

Poltekkes Kemenkes Palembang Sosialisasi GERMAS dan Vaksinasi Covid-19 di Ogan Ilir Bersama Anggota DPR-RI Komisi IX Ir. Sri Meliyana

Ogan Ilir, 30 November 2022. Poltekkes Kemenkes Palembang sebagai salah satu institusi yang bergerak di bidang pendidikan tinggi kesehatan mempunyai tanggung jawab untuk berperan serta dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat, tentunya hal ini dalam membantu tercapainya program pemerintah. Beberapa upaya yang dapat dilakukan yaitu merubah perilaku masyarakat, menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, serta berperan dalam pemberian layanan kesehatan. Salah satu upaya tersebut dapat diwujudkan dengan melaksanakan kegiatan sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) dalam pencegahan Covid-19 serta pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Kegiatan Germas kali ini dilaksanakan di ogan Ilir Sumatera Selatan tepatnya di gedung BPMP Provinsi Sumatera Selatan Indralaya Ogan Ilir, berkolaburasi dengan anggota DPR-RI Komisi IX (Ibu Ir. Sri Meliyana).

Kegiatan dihadiri oleh ; Anggota DPR-RI Komisi IX (Ibu Ir. Sri Meliyana),Direktur Poltekkes Kemenkes Palembang (Bapak Muhamad Taswin, S.Si,Apt, MM, M.Kes), yang diwakili oleh Wakil Direktur I (Ibu Dra. Ratnaningsih Dewi Astuti, Apt, M.Kes), Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat sekaligus sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan Germas (Bapak Dr. Sonlimar Mangunsong , Apt, M.Kes),   Koordinator Pengabdian kepada Masyarakat (Ibu Heni Sumastri, S.Pd., M.Kes) beserta tim, para pejabat terkait di lingkungan pemerintahan Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan, para tokoh masyarakat, tokoh agama serta para peserta vaksinasi yang berjumlah 200 orang.

Diawali dengan laporan Ketua Panitia Pelaksana Bapak Dr. Sonlimar Mangunsong , Apt, M.Kes. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada Anggota DPR-RI Komisi  IX Ibu Ir. Sri Meliyana yang telah bersedia berkolaburasi dalam kegiatan ini. Beliau juga sangat mengharapkan bahwa kegiatan ini dapat betul-betul mengenai sasaran sehingga dapat membantu tercapainya program pemerintah Ogan Ilir. Disampaikan juga ucapan terima kasih kepada semua pejabat yang terkait dalam kegiatan ini, para tokoh masyarakat, tokoh agama serta para peserta vaksinasi. Kegiatan ini juga melibatkan tenaga kesehatan Puskesmas di lingkungan Ogan Ilir yang akan melaksanakan vaksinasi. Tidak lupa juga ucapan terima kasih kepada tim panitia pelaksana yang sudah bekerja keras untuk mensukseskan kegiatan ini dari mulai persiapan, penjajakan hingga terlaksananya kegiatan ini. Kegiatan ini sudah dilakukan koordinasi sebelumnya dengan pihak terkait, dengan rancangan kegiatan yang sudah dipersiapkan secara matang harapannya agar masyarakat selalu sehat setiap saat dan jangan lupa tetap taati protokol kesehatan dengan 3 M. Pada akhir laporannya beliau menyampaikan permohonan maaf kepada semua yang sudah terlibat dalam kegiatan ini jika ada hal-hal yang kurang berkenan, tuturnya.

Dilanjutkan dengan sambutan Direktur Poltekkes Kemenkes Palembang yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Direktur I (Ibu Dra. Ratnaningsih Dewi Astuti, Apt, M.Kes), pada kesempatan ini beliau mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat yang terlibat sebagai anggota Germas bahwasanya pada era new normal ini kita tetap harus waspada dengan penyebaran virus Covid-19. Banyak upaya yang harus kita lakukan agar dapat terhindar dari serangan virus Covid-19 ini, karena bagaimanapun kita akan tetap hidup berdampingan dengan virus Covid-19. Menanggapi hal ini, Poltekkes Kemenkes Palembang bersama-sama dengan anggota DPR-RI Komisi IX (Ibu Ir. Sri Meliyana) melaksanakan sosialisasi Germas dan Vaksinasi. Beliau juga sangat mengharapkan agar kebiasaan hidup sehat ini dapat dilakukan oleh masyarakat Ogan Ilir khususnya dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Agar tujuan Germas dapat tercapat secara bersama-sama dalam rangka  menurunkan beban penyakit, menurunkan beban biaya pelayanan kesehatan, meningkatkan produktivitas penduduk serta menekan peningkatan beban finansial masyarakat untuk pengeluaran kesehatan. Diakhir sambutannya beliau mohon atas perkenannya Bupati Ogan Ilir (OI) atau dalam hal ini yang mewakili untuk dapat membuka acara ini secara resmi sekaligus meperkuat komitmen masyarakat OI dalam melawan Covid-19 melalui Germas (Gerakan masyarakat hidup sehat) tuturnya.

Sambutan dari Bupati Ogan Ilir yang diwakili oleh pejawat terkait dan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Ilir. Kegiatan dibuka secara resmi dan dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama. 

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Ir. Sri Meliyana sekaligus memaparkan materinya yang berjudul “Pemberdayaan Masyarakat dalam mencegah dan menangani Covid-19 di rumah tangga / Health Immunity” Kesehatan masyarakat sangat tergantung dari pemerintah daerah, karena dapat menggali bagaimana caranya untuk menumbuhkan prilaku hidup sehat. “Jadi peran serta pemerintah daerah sangatlah penting. Selain itu juga masyarakat harus taat dengan apa yang diprogramkan oleh pemerintah daerah. Saat ini pandemi Covid- 19 masih ada oleh karena itu kita tetap menjaga protokol kesehatan,” paparnya. Dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab, peserta yang hadir tampak antusias dengan kegiatan ini, terlihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan, kegiatan berjalan sangat interaktif.

Kegiatan dilanjutkan dengan Vaksinasi Covid-19 bagi para peserta warga masyarakat Ogan Ilir. Dengan kegiatan Germas ini harapannya masyarakat di lingkungan Ogan Ilir khususnya akan meningkat kesehatannya sehingga dapat membantu program pemerintah.

(Reported by Listrianah, M.Kes)

Exit mobile version