Slide 5 Slide 4 Slide 3 slide 2 Slide 1

POLITEKNIK KESEHATAN PALEMBANG KEMENKES REPUBLIK INDONESIA

PROFESIONAL, UNGGUL, MANDIRI DAN TERDEPAN

buhanum02

 

 

#DariDirektur Untuk Poltekkes Palembang

 

Semoga di awal tahun yang baru ini semangat kita untuk tetap berkarya tidak kalah dari tahun 2015 yang telah kita lalui dengan baik. Untuk segala pencapaian yang telah kita raih bersama di tahun 2015, saya ingin mengucapkan selamat dan terima kasih yang sebesar – besarnya bagi seluruh Civitas Akademika Poltekkes Palembang yang berperan penting dalam proses tersebut. Tanpa kerja keras dan kerja sama kita semua, segala pencapaian akan lebih sulit untuk di raih.

Semoga tahun ini dapat kita lalui bersama dengan berbagai prestasi dan hasil yang memuaskan.

Selamat berkarya!

 

Direktur Poltekkes Palembang

(drg.Nur Adiba Hanum,M.Kes)

                                  


Poltekkes Palembang Go Digital to drive progress in local communities by helping education to acces digital platforms to tranform learning opportunities through improved  infrastructure ITC, Learning tools and skills.

Stay connected from anywhere, Bring Student, teacher and teams together, Get stuff done faster, Invisible IT that works, Go green

Direktur Poltekkes Palembang

(drg.Nur Adiba Hanum,M.Kes)

       

Politeknik Kesehatan Depkes Palembang berdiri berdasarkan SK Menkeskesos R.I. No :298/menkeskesos/SK/IV/2001, tanggal 16 April 2001. Pembentukan Politeknik Kesehatan Depkes Palembang merupakan gabungan dari 6 (enam) Program Diploma III Kesehatan yang berada pada wilayah kota Palembang yaitu : Akademi Keperawatan (AKPER), Akademi Gizi (AKZI), Akademi Kebidanan (AKBID), Akademi Farmasi (AKFAR), Akademi Kesehatan Gigi (AKG), Akademi Analis Kesehatan (AKK). Peleburan ini ditandai dengan tidak berlakunya lagi Keputusan menteri kesehatan yang berkaitan dengan Organisasi dan Tata Kerja Pendidikan Ahli Madya di lingkungan departemen Kesehatan. Peleburan ini ditandai dengan tidak berlakunya lagi Keputusan menteri kesehatan yang berkaitan dengan Organisasi dan Tata Kerja Pendidikan Ahli Madya di lingkungan departemen Kesehatan. Untuk selanjutnya ke enam Akademi Kesehatan tersebut berubah menjadi jurusan-jurusan yang berada dibawah naungan Direktorat Politeknik Kesehatan Kemenkes Palembang. Berdasarkan surat Keputusan Menteri Kesehatan R.I. nomor : 1049/Menkes/SK/ VII/ 2003 Akademi Keperawatan Depkes Baturaja yang berkedudukan di Baturaja dan Akademi Keperawatan Depkes Lubuk Linggau di Lubuk Linggau bergabung menjadi Program Studi Keperawatan yang merupakan program studi yang ada di Jurusan Keperawatan Palembang Politeknik Kesehatan Kemenkes Palembang.


Dengan adanya konversi tersebut untuk selanjutnya pada Poltekkes Kemenkes Palembang terjadi perubahan:

  • Akademi Kebidanan menjadi Jurusan Kebidanan.
  • Akademi Keperawatan Palembang menjadi Jurusan Keperawatan Palembang.
  • Akademi Keperawatan Baturaja menjadi Program Studi Keperawatan Baturaja.
  • Akademi Keperawatan Lubuk Linggau menjadi Program Studi Keperawatan Lubuk Linggau.
  • Akademi Gizi menjadi Jurusan Gizi.
  • Akademi Farmasi menjadi Jurusan Farmasi.
  • Akademi Analis Kesehatan menjadi Jurusan Analis Kesehatan.
  • Akademi Kesehatan Gigi menjadi Jurusan Keperawatan Gigi

Sebagai Lembaga Pendidikan Tingkat Kesehatan yang profesional, Unggul dan Mandiri dan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui proses pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan menjadi rujukan untuk pendidikan sejenis.

Definisi Operasional Visi :

  • Profesional : Melaksanakan pendidikan berdasarkan kompetensi keahlian di setiap jurusan.
  • Unggul : Memiliki sumberdaya manusia yang cukup dan kompeten. Memiliki banyak jurusan. Memiliki laboratorium terpadu dan klinik terpadu yang merupakan lahan praktek yang dapat juga di gunakan untuk masyarakat umum.
  • Mandiri : Mampu menyelenggarakan pendidikan secara optimal dengan sarana dan prasarana yang dimiliki.
  • Menjadi rujukan Pendidikan sejenis : Sebagai rujukan bagi pendidikan tinggi kesehatan lain dalam pengembangan tenaga dosen, kurikulum, dan proses belajar mengajar serta sarana dan prasarana.
  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan ilmu dan teknologi terkini di bidang kesehatan untuk membentuk sumberdaya manusia yang profesional, mandiri, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Melakukan penelitian berkelanjutan dalam rangka pengembangan ilmu dan teknologi di bidang kesehatan.
  • Melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan teknologi tepat guna dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
  • Mengembangkan kemitraan dengan lembaga pemerintah, swasta, alumni dan masyarakat dalam mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  • Memantapkan manajemen organisasi dalam mencapai kinerja yang optimal. Mengembangkan suasana akademik yang kondusif dalam rangka peningkatan mutu proses pembelajaran.
  1. Bunga Melati berkelopak 5 helai : yang melambangkan bahwa Politeknik Kesehatan Palembang, berazaskan Pancasila dengan 5 dasarnya.
  2. Helaian Bunga Melati yang berwarna Hijau : melambangkan bahwa Politeknik Kesehatan Palembang, siap bersaing dalam menghadapi AFTA dan Pasar Bebas di bidang Kesehatan.
  3. Bunga Melati yang sedang mekar : melambangkan bahwa Politeknik Kesehatan Palembang senantiasa menebarkan keharuman kepenjuru raya dengan menghasilkan tenaga tenaga yang berkualitas.
  4. Enam buah Cincin yang membentuk Rantai : melambangkan 6 (enam) buah Jurusan dan dua prodi yang berada dalam Politeknik Kesehatan Palembang (JUMLAH RANTAI DAPAT DISESUAIKAN DENGAN PENGEMBANGAN POLTEKKES MENDATANG )
  5. Dua Buah Lingkaran besar dengan warna dasar Putih yang didalamnya terdapat Tulisan Politeknik Kesehatan Palembang : mempunyai makna bahwa masing masing Jurusan dibawah satu komando serta mempunyai Misi dan Visi sama serta memiliki hati yang Suci dan bersih, untuk Menjadikan Politeknik Kesehatan Palembang sebuah Institusi Kesehatan Mandiri.
  6. Jembatan Ampera : bermakna dimana tenaga tenaga yang dihasilan oleh Politeknik Kesehatan Palembang, merupakan penghubung antara masyarakat dengan petugas kesehatan.
  7. Riak Air Sungai Musi bermakna ; Dinamika dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab penuh dengan tantangan yang musti dihadapi dengan kebesaran Jiwa serta Profesional.
  8. Warna kuning Keemasan dalam Lingkaran melambangkan : Bahwa Politeknik Kesehatan Palembang, senantiasa melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  9. Warna Hitam yang Mengelilingi Logo ; bermakna Ketegasan serta Kesigapan Politeknik Kesehatan Palembang, menghadapi berbagai tantangan, hambatan dan rintangan.

ARTICLE

More in

EVENTS

Upacara Pekan Disiplin 17 Desember 2015
Kamis, 17 Desember 2015
article thumbnailKamis,  17 Desember  2015 07.30 - 08.30 Poltekkes Kemenkes Palembang Jurusan Gigi Agenda Kegiatan  : Upacara Pekan Disiplin 17 desember 2015
More inevent  

POLLING PENDAPAT

Bagaimana menurut anda Dengan Aplikasi Sipenmaru ?

Sangat Bagus - 50.8%
Baik - 23%
Cukup - 1.6%
Butuh Perbaikan - 16.4%

Total votes: 61
The voting for this poll has ended on: Februari 2, 2016

E-LEARNING

Layanan media pembelajaran yang menggunakan meida website atau berbasis web.

 

E-LETTER

Layanan informasi disposisi surat berbasis web.

 

 

E-ACADEMIC

Fasilitas untuk mengakses kegiatan akademik, mulai dari Penjadwalan Kuliah, KRS sampai dengan KHS.

 

E-INVENTORY

Fasilitas informasi layanan inventaris barang berbasis web.

 

PMB JALUR UMUM

Penerimaan Mahasiswa Baru dengan menggunakan jalur umum.

E-LIBRARY

Layanan Informasi perpustakaan yang menyangkut koleksi, katalog, peminjaman dan pengembalian buku.

 

TRACER STUDY

Pelacakan alumni dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja.

 

PMB JALUR PMDB

Penerimaan Mahasiswa Baru melalui jalur PMDB.

E-JOURNAL

Kumpulan jurnal ilmiah yang diterbitkan dari berbagai program studi.

 

WEBMAIL

Layanan webmail gratis yang terintegrasi dengan akun google mail.