Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.  

           Sebagai penyelengara pendidikan tenaga kesehatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Palembang mempunyai komitmen untuk menjadi lembaga pendidikan kesehatan unggulan yang mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa khususnya di bidang kesehatan. Untuk mewujudkan tenaga kesehatan yang bermutu, salah satu upaya yang dilakukan adalah pengelolaaan institusi pendidikan tenaga kesehatan dengan baik sesuai dengan tujuannya tanpa mengesampingkan aspek efisiensi dan efektifitas. 

 Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini dan tuntutan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dibidang pendidikan tinggi dibutuhkan sebuah organisasi dan sistem tatakelola yang lebih responsif guna memenuhi kebutuhan tersebut. Untuk mempercepat pengembangan dan implementasi teknologi informasi dan komunikasi dilingkungan Poltekkes Palembang, maka dibetuk Unit Komputer Poltekkes palembang sesuai dengan SK Direktur No: HK.03.05.1.2/2230/2010 adalah Unit dibidang pengolahan data berbasis Tehnologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada PUDIR III Bidang Kemahasiswaan, sedangkan pembinaannya dilakukan oleh Direktur Poltekkes. Unit Komputer dipimpin oleh seorang kepala Unit yang ditunjuk di antara tenaga akademik di lingkungan Poltekkes Palembang. Tugas dan fungsi utama Unit Komputer  adalah sebagai pusat pengembangan dan pengolahan data elektronik di Poltekkes Kemenkes Palembang.

Tujuan Unit IT/IS

            Unit Komputer Poltekkes Palembang  melaksanakan tugas dengan fokus kegiatan pada Pengembangan Infrastruktur jaringan dan Sistem Informasi. Sasaran utama dari kegiatan ini adalah terwujudnya peran Unit Komputer sebagai pusat layanan informasi  dan data guna meningkatkan kinerja Poltekkes Pelembang berbasis ITC. 

 Unit ITC/IS Poltekkes Kemenkes Palembang

 

VISI:

Menjadi pusat layanan data dan informasi untuk meningkatkan kinerja perguruan tinggi berbasis teknologi informasi dan komunikasi

 

Misi :

  • Pembangunan  Infrastruktur ITC Poltekkes Palembang dan meningkatkan Fasilitas dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam proses Pembelajaran
  • Pengembangan Sistem Informasi dalam meningkatkan kinerja perguruan tinggi
  • Pelatihan untuk peningkatan  Sumber daya manusia berbasis ITC

 Susunan  Organisasi Unit Komputer

Struktur Organisasi Unit Komputer yang di kembangkan :

  • Kepala Unit ITC/IS, membuat Renstra ITC/IS dan rencana tahunan serta melakukan pengawasan dan evaluasi
  • Divisi Infrastruktur TIK Memiliki tugas dan fungsi pembangunan dan  pemeliharaan hardware, kabel dan switching, routing, pengaturan bandwidth dan firewall, penataan atau pemetaan topologi jaringan, operasional jaringan
  • Divisi Pengembangan SI, Memiliki tugas dan fungsi mengembangkan web hosting, aplikasi TI, bantuan teknis sistem informasi, sistem backup, layanan instalasi software aplikasi, pengembangan aplikasi berbasis TIK.
  • Divisi Layanan TIK, memiliki tugas dan fungsi layanan informasi, email dan web server, video conference dan internet global.

 

Blue Print  ITC/IS Poltekkes Kemenkes Palembang

 

Blue print sistem informasi Politeknik Kesehatan Palembang yang akan dikembangkan 2014 s/d 2018 sesuai dengan visi misi poltekkes kemenkes palembang, memiliki 5 (lima) sasaran strategis, yaitu :

  • Terselenggaranya pelayanan mahasiswa yang optimal berbasis TIK.
  • Terselenggaranya fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar berbasis TIK.
  • Terselenggaranya infrastruktur networking yang reliabel.
  • Tersedianya data dan informasi berskala politeknik yang akurat melalui implementasi sistem informasi terpadu.
  • Terwujudnya efisiensi dan efektivitas proses pembelajaran setiap satuan kerja menjadi berbasis TIK.