POLITEKNIK KESEHATAN PALEMBANG KEMENKES REPUBLIK INDONESIA

PROFESIONAL, UNGGUL, MANDIRI DAN TERDEPAN

Visitasi Akreditasi LAM-PTKes

Prodi D III Keperawatan Lubuklinggau

Muhammad Syafwani, S.Kep, Sp.Jiwa  

Yulia Wardani, MAN

24-26 November 2016

visitasi9

Akreditasi Program Studi merupakan proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen program studi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program akademiknya yang dilakukan oleh organisasi atau badan mandiri di luar perguruan tinggi.
Kamis, 24 November 2016 Poltekkes Kemenkes Palembang, kembali mendapat kunjungan/visitasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes), tepatnya di Prodi DIII Keperawatan Lubuklinggau. Visitasi ke Prodi Lubuklinggau tersebut merupakan kunjungan yang ke-4 dilakukan oleh LAM-PTKes di tahun 2016 ini, setelah sebelumnya visitasi dilakukan di Prodi DIV Kebidanan, D IV Keperawatan Palembang dan D III Keperawatan Baturaja.

visitasi10

Adapun Tim Asesor Lam-PTKes yang di tunjuk adalah Bpk. Muhammad Syafwani, S.Kep, M.Kep, Sp. Jiwa dan Yulia Wardani, MAN. Kedatangan mereka disambut oleh Direktur, Pudir I, II, dan III, Kajur Keperawatan, Ka.Prodi dan seluruh civitas akademika di Kampus Prodi D III Keperawatan Lubuklinggau.

Dalam sambutannya Bpk. Muhammad Syafwani, S.Kep, M.Kep, Sp. Jiwa selaku ketua Tim Assesor Lam-PTKes mengatakan, “Tujuan visitasi akreditasi LAM-PTKes bukan untuk mencari kesalahan/ ketidakcocokan/ ketidaksempurnaan dokumen/sistem yang berjalan, tetapi untuk memotret seobyektif mungkin dokumen yang tersedia dan sistem yang telah dilaksanakan. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa akreditasi bukan hanya untuk memberikan status dan peringkat akreditasi program studi saja, tetapi utamanya untuk menumbuhkan kesadaran, motivasi, dan langkah-langkah konkrit yang akhirnya bermuara pada budaya peningkatan mutu berkelanjutan di Poltekkes Palembang, khususnya di Prodi D III Keperawatan Lubuklinggau”

Kegiatan visitasi (Kamis, 24/11/16) pkl. 14.30-18.00 diawali dengan seremonial pembukaan, presentasi Ka.Prodi tentang data terkini dan observasi seluruh sarana prasarana.
Keesokan harinya (jumat, 25/11/16) dari pkl 08.00 sd 18.00 WIB yaitu kunjungan ke lahan praktik (RSUD Shobirin), wawancara dengan Kabid. Diklat, Ka.Bid. Keperawatan dan CI serta observasi satu ruang praktik.

Setelah kunjungan ke lahan praktik selesai, kemudian dilakukan wawancara dengan alumni, stakeholder, dosen tetap, pengelola/Ka.Prodi, perwakilan mahasiswa, pengecekan dokumen serta penilaian akhir.

Di akhir sesi visitasi, tim asesor menyampaikan bahwa penilaian akreditasi tidak semata-mata ditentukan oleh assesor, Asesor hanya menyumbang 50-60% penilaian, dan masih ada dua tahapan yang dilalui hingga hasil penilaian dikeluarkan, yaitu melalui tim validator (20%) dan dewan majelis akreditasi (20%).

TIM memberikan berbagai masukan untuk peningkatan mutu Program Studi, menjadikan institusi semakin baik dan terpercaya di mata masyarakat. Keunggulan prodi di bidang “gawat darurat” merupakan pilihan yang tepat dan harus digarap dengan serius mengingat belum begitu banyak kompetitor sekolah kesehatan yang memiliki bidang unggulan yang sama, dan Prodi D III Keperawatan Lubuklinggau merupakan satu-satunya PS Kesehatan yang berstatus negeri sehingga animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke Prodi DIII Keperawatan Lubuklinggau ini masih sangat tinggi.

visitasi11

Saran dan hasil visitasi dituangkan dalam laporan hasil visitasi, kemudian hasil itu akan dilaporkan ke LAM-PT dan juga berita acara diserahkan langsung kepada institusi melalui Direktur Poltekkes Kemenkes Palembang Ibu drg. Nur Adiba Hanum, M.Kes dan Ketua Program Studi DIII Keperawatan Lubuklinggau Bapak. John Fery, S.Kep, Ns, M.Kes

Dengan pelaksanaan akreditasi ini Prodi D3 Keperawatan Lubuklinggau diharapkan dapat memperoleh hasil yang terbaik dalam upaya untuk mengawal mutu pendidikan sebagaimana yang tertuang dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi.(Intan Kumalasari - Unit Penjamin Mutu)

LINK JOURNAL

ebsco 

oke ones 

 

VIDEO DOKUMENTASI

E-LEARNING

Layanan media pembelajaran yang menggunakan media google classroom atau berbasis web.

 

E-LETTER

Layanan informasi disposisi surat berbasis web.

 

tes2

UPM

Layanan informasi Kuisioner Dosen dan Institusi.

 

SIPENMARU POLTEKKES PALEMBANG

Penerimaan Mahasiswa Baru dengan menggunakan JALUR UMUM(UJI TULIS),PMDP dan Gakin

 

 

 

 

E-ACADEMIC

Fasilitas untuk mengakses kegiatan akademik, mulai dari Penjadwalan Kuliah, KRS sampai dengan KHS.

 

E-LAB INVENTORY

Fasilitas informasi layanan inventaris barang Labaratorium berbasis web.

 

asna

E-SIMPRES

Fasilitas Pengolahan Absen Pegawai Berbasis Web.

E-LIBRARY

Layanan Informasi perpustakaan yang menyangkut koleksi, katalog, peminjaman dan pengembalian buku.

 

TRACER STUDY

Pelacakan alumni dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja.

 

pengabmas3

PENGABMAS

Website Pengabmas Poltekkes Kemenkes Palembang.

 

 

E-JOURNAL

Kumpulan jurnal ilmiah yang diterbitkan dari berbagai program studi.

 

WEBMAIL

Layanan webmail gratis yang terintegrasi dengan akun google mail.

 

Untitled 3

E-DOCUMENT

Layanan  Alumni dan Dosen.