POLITEKNIK KESEHATAN PALEMBANG KEMENKES REPUBLIK INDONESIA

PROFESIONAL, UNGGUL, MANDIRI DAN TERDEPAN

dosenberprestasi1

Unsur Utama penyelenggaraan pendidikan tinggi adalah dosen, yang merupakan pendidik profesional dan ilmuan dengan tugas mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2009 tentang Dosen, menyatakan bahwa dosen yang melaksanakan tugas keprofesionalannya berhak mendapatkan penghargaan.

Bertepatan dengan hari kesehatan Nasional (HKN) yang ke 52, Poltekkes kemenkes Palembang mendapatkan penganugerahan sebagai salah satu peserta pemilihan dosen berprestasi tingkat Nasional dilingkungan Kementerian Kesehatan RI.

Penganugerahan tersebut di raih oleh Bpk. Lukman, S.Kep, Ns, MM, M.Kep dari Prodi Keperawatan Palembang berdasarkan SK Kepala BPPSDMK Nomor HK. 02.03/1.4/005540/2016 tentang penetapan peserta pemilihan dosen berprestasi tingkat Nasional di Lingkungan Kemenkes RI tahun 2016.

Adapun bentuk penghargaan yang diberikan berupa plakat, piagam, laptop dan harddisk Eksternal yang mensuport dosen dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi.

dosenberprestasi2

Pemberian penghargaan akan mendorong dosen untuk berprestasi secara lebih produktif. meningkatkan motivasi secara berkelanjutan di kalangan Civitas Akademika Politeknik Kesehatan untuk “ belajar “ dan bekerja cerdas” dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi. Dengan demikian prestasi yang semakin produktif itu diharapkan dapat mendorong tercapainya tujuan pengembangan sistem pendidikan di Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan,  menciptakan suasana akademik dan budaya pembelajaran yang mengarah kepada terwujudnya kepribadian ilmuwan yang terpuji, mempunyai  semangat pengabdian dan dedikasi di bidang pendidikan tinggi, serta menumbuhkan kebanggaan terhadap profesinya sebagai dosen. sistem pendidikan tinggi khususnya, dan pembangunan nasional pada umumnya.

dosenberprestasi3

Semoga ditahun berikutnya dosen-dosen di Poltekkes Kemenkes Palembang dapat meraih gelar dosen berprestasi tingkat nasional.(Intan Kumalasari - Unit Penjamin Mutu)

Visitasi Akreditasi LAM-PTKes

Prodi D III Keperawatan Lubuklinggau

Muhammad Syafwani, S.Kep, Sp.Jiwa  

Yulia Wardani, MAN

24-26 November 2016

visitasi9

Akreditasi Program Studi merupakan proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen program studi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program akademiknya yang dilakukan oleh organisasi atau badan mandiri di luar perguruan tinggi.
Kamis, 24 November 2016 Poltekkes Kemenkes Palembang, kembali mendapat kunjungan/visitasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes), tepatnya di Prodi DIII Keperawatan Lubuklinggau. Visitasi ke Prodi Lubuklinggau tersebut merupakan kunjungan yang ke-4 dilakukan oleh LAM-PTKes di tahun 2016 ini, setelah sebelumnya visitasi dilakukan di Prodi DIV Kebidanan, D IV Keperawatan Palembang dan D III Keperawatan Baturaja.

visitasi10

Adapun Tim Asesor Lam-PTKes yang di tunjuk adalah Bpk. Muhammad Syafwani, S.Kep, M.Kep, Sp. Jiwa dan Yulia Wardani, MAN. Kedatangan mereka disambut oleh Direktur, Pudir I, II, dan III, Kajur Keperawatan, Ka.Prodi dan seluruh civitas akademika di Kampus Prodi D III Keperawatan Lubuklinggau.

Dalam sambutannya Bpk. Muhammad Syafwani, S.Kep, M.Kep, Sp. Jiwa selaku ketua Tim Assesor Lam-PTKes mengatakan, “Tujuan visitasi akreditasi LAM-PTKes bukan untuk mencari kesalahan/ ketidakcocokan/ ketidaksempurnaan dokumen/sistem yang berjalan, tetapi untuk memotret seobyektif mungkin dokumen yang tersedia dan sistem yang telah dilaksanakan. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa akreditasi bukan hanya untuk memberikan status dan peringkat akreditasi program studi saja, tetapi utamanya untuk menumbuhkan kesadaran, motivasi, dan langkah-langkah konkrit yang akhirnya bermuara pada budaya peningkatan mutu berkelanjutan di Poltekkes Palembang, khususnya di Prodi D III Keperawatan Lubuklinggau”

Kegiatan visitasi (Kamis, 24/11/16) pkl. 14.30-18.00 diawali dengan seremonial pembukaan, presentasi Ka.Prodi tentang data terkini dan observasi seluruh sarana prasarana.
Keesokan harinya (jumat, 25/11/16) dari pkl 08.00 sd 18.00 WIB yaitu kunjungan ke lahan praktik (RSUD Shobirin), wawancara dengan Kabid. Diklat, Ka.Bid. Keperawatan dan CI serta observasi satu ruang praktik.

Setelah kunjungan ke lahan praktik selesai, kemudian dilakukan wawancara dengan alumni, stakeholder, dosen tetap, pengelola/Ka.Prodi, perwakilan mahasiswa, pengecekan dokumen serta penilaian akhir.

Di akhir sesi visitasi, tim asesor menyampaikan bahwa penilaian akreditasi tidak semata-mata ditentukan oleh assesor, Asesor hanya menyumbang 50-60% penilaian, dan masih ada dua tahapan yang dilalui hingga hasil penilaian dikeluarkan, yaitu melalui tim validator (20%) dan dewan majelis akreditasi (20%).

TIM memberikan berbagai masukan untuk peningkatan mutu Program Studi, menjadikan institusi semakin baik dan terpercaya di mata masyarakat. Keunggulan prodi di bidang “gawat darurat” merupakan pilihan yang tepat dan harus digarap dengan serius mengingat belum begitu banyak kompetitor sekolah kesehatan yang memiliki bidang unggulan yang sama, dan Prodi D III Keperawatan Lubuklinggau merupakan satu-satunya PS Kesehatan yang berstatus negeri sehingga animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke Prodi DIII Keperawatan Lubuklinggau ini masih sangat tinggi.

visitasi11

Saran dan hasil visitasi dituangkan dalam laporan hasil visitasi, kemudian hasil itu akan dilaporkan ke LAM-PT dan juga berita acara diserahkan langsung kepada institusi melalui Direktur Poltekkes Kemenkes Palembang Ibu drg. Nur Adiba Hanum, M.Kes dan Ketua Program Studi DIII Keperawatan Lubuklinggau Bapak. John Fery, S.Kep, Ns, M.Kes

Dengan pelaksanaan akreditasi ini Prodi D3 Keperawatan Lubuklinggau diharapkan dapat memperoleh hasil yang terbaik dalam upaya untuk mengawal mutu pendidikan sebagaimana yang tertuang dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi.(Intan Kumalasari - Unit Penjamin Mutu)

Visitasi Akreditasi LAM-PTKes

Prodi D III Keperawatan Baturaja

Dr. Abdul Aziz Alimul Hidayat, S.Kep, Ns, M.Kes  

Ni Ketut Kardiyudiani, M.Kep, Sp, Kep, KMB

3-5 November 2016

visitasi5

    Jum’at (04/11/2016) Poltekkes Kemenkes Palembang, tepatnya Prodi DIII Keperawatan Baturaja mendapat kunjungan atau visitasi dari tim asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) yaitu Bpk. Dr. Abdul Aziz Alimul Hidayat, S.Kep, Ns, M.Kes (UM Surabaya) dan Ibu Ni Ketut Kardiyudiani, M.Kep, Sp, Kep, MB (AKPER Notokusumo Yogyakarta).

Kedatangan mereka disambut oleh Direktur, Pudir, Ketua Jurusan, Ka. Prodi, Dosen, staf dan civitas akademika di Kampus Prodi D III Keperawatan Baturaja. Direktur Poltekkes Palembang, Ibu drg. Nur Adiba Hanum, M.Kes dalam sambutannya mengatakan, “Tujuan akreditasi LAM-PTKes bukan hanya untuk memberikan status dan peringkat akreditasi program studi saja, tetapi utamanya untuk menumbuhkan kesadaran, motivasi, dan langkah-langkah konkrit yang akhirnya bermuara pada budaya peningkatan mutu berkelanjutan di Poltekkes Palembang, khususnya di Prodi D III Keperawatan baturaja”

visitasi6

Visitasi dalam rangka akreditasi Program Studi (Prodi) D3 Keperawatan Baturaja ini merupakan visitasi dan akreditasi yang pertama kalinya dari LAM-PTKes. Sebelumnya ditahun 2010 Prodi D3 Keperawatan Baturaja telah mendapatkan akreditasi dari Departemen Kesehatan RI dengan nilai B

Kegiatan visitasi diawali dengan welcome speech dan arahan dari ketua Tim Asesor LAM-PTKes yaitu Bpk. Dr. Abdul Aziz Alimul Hidayat, S.Kep, Ns, M.Kes.

    Jauhnya Jarak tempuh perjalanan Asesor menuju Prodi D III Keperawatan Baturaja (± 6-7 jam) menyebabkan kegiatan visitasi dipadatkan menjadi 1 hari yakni dimulai pukul 07.30 sd 22.00 WIB. Untuk efisiensi waktu, acara kemudian dilanjutkan dengan asesemen lapangan ke Prodi D3 Keperawatan Baturaja, diawali dengan peninjauan ke perpustakaan, ruang kelas, ruang laboratorium keperawatan, Asrama dan fasilitas-fasilitas yang ada di Kampus Prodi D III Keperawatan Baturaja, kemudian wawancara dengan mahasiswa, dosen, alumni dan stakeholder serta kunjungan ke lahan praktek (Rumah Sakit dan Puskesmas). Setelah itu diteruskan dengan sinkronisasi data borang 3A dan 3B

visitasi7

   Setelah dilakukan sikronisasi, klarifikasi dan revisi, diakhir sesi visitasi tim asesor menyampaikan bahwa tugas tim asesor adalah untuk mengobservasi dan mengecek kesesuaian isian borang 3A dan 3B dengan sistem dokumentasi yang ada.

    TIM memberikan berbagai masukan untuk peningkatan mutu Program Studi, menjadikan institusi semakin baik dan terpercaya di mata masyarakat. Keunggulan prodi di bidang “home care” dengan memperhatikan “Nilai – nilai kearifan lokal merupakan pilihan yang tepat dan harus digarap dengan serius mengingat belum begitu banyak kompetitor sekolah kesehatan yang memiliki bidang unggulan di sini, dan Prodi D III Keperawatan Baturaja merupakan satu-satunya PS Kesehatan yang berstatus negeri sehingga animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke Prodi DIII Keperawatan Baturaja ini masih sangat tinggi.

visitasi8Saran dan hasil visitasi dituangkan dalam laporan hasil visitasi, kemudian hasil itu akan dilaporkan ke LAM-PT dan juga berita acara diserahkan langsung kepada institusi melalui Direktur Poltekkes Kemenkes Palembang Ibu drg. Nur Adiba Hanum, M.Kes dan Ketua Program Studi DIII Keperawatan Baturaja Bapak. Saprianto, SKM, M.Kes Dengan pelaksanaan akreditasi ini Prodi D3 Keperawatan Baturaja diharapkan dapat memperoleh hasil yang terbaik dalam upaya untuk mengawal mutu pendidikan sebagaimana yang tertuang dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi (Intan Kumalasari - Unit Penjamin Mutu)

Visitasi Akreditasi LAM-PTKes
Prodi D IV Keperawatan Palembang
Oleh Asesor Sulastri, S.Kp, M.Kes dan Wiwi Kustio Priliana, A.Kep, S.Pd, MPH
29 September – 01 Oktober 2016

     Penjaminan mutu pendidikan tinggi sebagaimana yang diamanatkan dalam undang-undang pendidikan tinggi nomor 12 tahun 2012 dilaksanakan secara internal melalui Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) maupun penjaminan mutu eksternal melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Oleh karena itu setiap perguruan tinggi wajib melaksanakan 2 hal tersebut untuk mengawal mutu pendidikan sebagaimana yang tertuang dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Sesuai dengan kebijakan tersebut, sejak tahun 2014 Poltekkes Kemenkes Palembang telah mengusahakan proses akreditasi melalui BAN-PT di semua Program Studi. Pada tanggal 29 September – 1 Oktober 2016 telah dilaksanakan visitasi akreditasi di Jurusan Keperawatan dengan program studi Diploma IV Keperawatan di Politeknik Kesehatan Palembang oleh Tim LAM-PTKes yaitu Ibu Sulastri, S.Kp, M.Kes dan Ibu Wiwi Kustio Priliana, S.Pd, MPH. Kegiatan dimulai dari persiapan visitasi, pelaksanaan kegiatan visitasi dan penutupan. Persiapan kegiatan visitasi disiapkan oleh civitas akademika Prodi D IV Keperawatan. Kegiatan dibuka oleh Pembantu Direktur I Poltekkes Palembang Bpk. Eddy Susanto, SKM, M.Kes.

visitasi3

   Acara dilanjutkan dengan pengarahan oleh TIM LAM-PT, dan presentasi institusi oleh Pembantu Direktur I, kemudian dilanjutkan dengan presentasi program studi oleh Ketua Prodi D IV Keperawatan Ibu Hj. Ismar Agustin, S.Kp M.Kes.

  Kegiatan visitasi dilakukan pada berbagai standar yang telah disusun dan dilaporkan, kemudian diverifikasi keadaan sesuai kenyataannya.  Kegiatan ini juga melibatkan stakeholder lahan praktek (Rumah Sakit Muhammad Hoesin dan Puskesmas),  mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan yang diwawancarai oleh TIM LAM-PT. TIM juga melakukan peninjauan ke ruang kelas, ruang skills lab, mini hospital, perpustakaan, ruang dosen, konseling, dan fasilitas-fasilitas pendukung suasana akademik lainnya.

  Pada akhir sesi visitasi tim assesor menyampaikan bahwa tugas tim adalah untuk mengobservasi dan mengecek kesesuaian isian borang buku 3A dan 3B dengan sistem dokumentasi yang ada, dari hasil visitasi bisa didapatkan hasil ; sesuai, melebihi dari isian borang atau tidak sesuai dengan borang. Sedangkan penilaian/scoring akan dilaksanakan oleh majelis penilai. Hasil akhir skor akreditasi paling cepat dikeluarkan dalam waktu 2 minggu.

   Saran dan hasil visitasi tersebut dituangkan dalam berita acara format 4, 5 dan 9, kemudian ditandatangani oleh asesor dan diserahkan kepada Program Studi melalui Ka.Prodi D-IV Keperawatan Palembang dan kepada institusi melalui Pudir I.

visitasi4

   Kegiatan ditutup oleh Pembantu Direktur I Poltekkes Palembang. Proses visitasi akreditasi ini memberikan makna dan manfaat yang sangat banyak bagi Jurusan Keperawatan khususnya Program Studi D-IV Keperawatan Palembang sehingga nantinya cita-cita menjadikan Prodi D-IV Keperawatan yang Unggul dalam Bidang Keperawatan Kegawatdaruratan dan mampu bersaing secara Nasional pada tahun 2020 dapat terwujud, Semoga. (Intan Kumalasari - Unit Penjamin Mutu)

 

Visitasi Akreditasi LAM-PTKes
Prodi D IV Kebidanan Palembang
Oleh Asesor Dr. Yanti, SST, M.Keb, dan Esti Handayani, M.Mid
22 – 24 September 2016

    Akreditasi Program Studi yang dilakukan oleh  LAM-PTKes memiliki tujuan untuk mengevaluasi dan menilai, serta menetapkan status dan  peringkat mutu program studi berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan. Setiap program studi dan institusi pendidikan diharapkan memenuhi standar mutu tersebut, sehingga lulusannya, luarannya dapat bermanfaat bagi masyarakat, dan Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat dilaksanakan dengan baik. Pada tanggal 22-24 September 2016 telah dilaksanakan visitasi akreditasi di Jurusan Kebidanan dengan program studi Diploma IV Kebidanan di Politeknik Kesehatan Palembang oleh Tim LAM-PTKes yaitu Ibu Dr. Yanti, SST, M.Kes dan Ibu Esti Handayani, M. Mid. Kegiatan dimulai dari persiapan visitasi, pelaksanaan kegiatan visitasi dan penutupan. Persiapan kegiatan visitasi disiapkan oleh civitas akademika Prodi D IV Kebidanan. Kegiatan dibuka oleh Pembantu Direktur I Poltekkes Palembang Bpk. Eddy Susanto, SKM, M.Kes.

visitasi1

    Acara dilanjutkan dengan pengarahan oleh TIM LAM-PT, dan presentasi institusi oleh Pembantu Direktur I, kemudian dilanjutkan dengan presentasi program studi oleh Ketua Prodi D IV Kebidanan Ibu Hj. Nesi Novita, S.SiT, M.Kes. Kegiatan visitasi dilakukan pada berbagai standar yang telah disusun dan dilaporkan, kemudian diverifikasi keadaan sesuai kenyataannya.  Kegiatan ini juga melibatkan stakeholder lahan praktek (Rumah Sakit Muhammadiyah, Puskesmas dan Bidan Praktek Mandiri)., mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan yang diwawancarai oleh TIM LAM-PT. TIM juga melakukan peninjauan ke ruang kelas, ruang skills lab, mini hospital, perpustakaan, ruang dosen, konseling, dan fasilitas-fasilitas pendukung suasana akademik lainnya.

visitasi2

     Setelah dilakukan visitasi, TIM memberikan berbagai masukan untuk peningkatan mutu jurusan sehingga menjadi lebih baik lagi. Saran dan hasil visitasi tersebut dituangkan dalam laporan hasil visitasi, kemudian hasil itu akan dilaporkan ke LAM-PT dan juga berita acara diserahkan langsung kepada institusi melalui Pembantu Direktur I Poltekkes Palembang, dan Kaprodi DIV Kebidanan Palembang. Kegiatan ditutup oleh Pembantu Direktur I Poltekkes Palembang. Proses visitasi akreditasi ini memberikan makna dan manfaat yang sangat banyak bagi Jurusan Kebidanan khususnya Program Studi DIV Kebidanan Palembang sehingga nantinya menjadi Prodi yang menghasilkan Sarjana Terapan Kebidanan yang profesional dan mandiri dalam memenuhi pelayanan kebidanan serta unggul dalam pertolongan persalinan dengan hypnobirth tahun 2020, Semoga.(Intan Kumala - Unit Penjamin Mutu)

 

 

LINK JOURNAL

ebsco 

oke ones 

 

EVENTS

Dosen Berprestasi 2016
Rabu, 30 November 2016
article thumbnailUnsur Utama penyelenggaraan pendidikan tinggi adalah dosen, yang merupakan pendidik profesional dan ilmuan dengan tugas mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan...
More inevent  

VIDEO DOKUMENTASI

E-LEARNING

Layanan media pembelajaran yang menggunakan meida website atau berbasis web.

 

E-LETTER

Layanan informasi disposisi surat berbasis web.

 

tes2

E-UPM

Layanan informasi Kuisioner Dosen dan Institusi.

 

 

E-ACADEMIC

Fasilitas untuk mengakses kegiatan akademik, mulai dari Penjadwalan Kuliah, KRS sampai dengan KHS.

 

E-LAB INVENTORY

Fasilitas informasi layanan inventaris barang Labaratorium berbasis web.

 

PMB JALUR UMUM

Penerimaan Mahasiswa Baru dengan menggunakan jalur umum.

asna

E-SIMPRES

Fasilitas Pengolahan Absen Pegawai Berbasis Web.

E-LIBRARY

Layanan Informasi perpustakaan yang menyangkut koleksi, katalog, peminjaman dan pengembalian buku.

 

TRACER STUDY

Pelacakan alumni dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja.

 

PMB JALUR PMDB

Penerimaan Mahasiswa Baru melalui jalur PMDB.

pengabmas3

PENGABMAS

Website Pengabmas Poltekkes Kemenkes Palembang.

 

E-JOURNAL

Kumpulan jurnal ilmiah yang diterbitkan dari berbagai program studi.

 

WEBMAIL

Layanan webmail gratis yang terintegrasi dengan akun google mail.

 

Untitled 3

E-DOCUMENT

Layanan  Alumni dan Dosen.