POLITEKNIK KESEHATAN PALEMBANG KEMENKES REPUBLIK INDONESIA

PROFESIONAL, UNGGUL, MANDIRI DAN TERDEPAN

Untuk Download Bahan Ajar E-Learning Google Classroom Klik Disini

WORKSHOP PENYUSUNAN BORANG AKREDITASI INSTITUSI PERGURUAN TINGGI (AIPT) DAN EVALUASI DIRI

DI LINGKUNGAN POLTEKKES PALEMBANG

 (13 – 15 MARET 2017)

aipt4

 

Dalam rangka mewujudkan akuntabilitas publik, perguruan tinggi harus secara aktif membangun sistem penjaminan mutu internal. Untuk membuktikan bahwa sistem penjaminan mutu internal telah dilaksanakan dengan baik dan benar, perguruan tinggi harus diakreditasi oleh lembaga penjaminan mutu eksternal. Dengan sistem penjaminan mutu yang baik dan benar, perguruan tinggi akan mampu meningkatkan mutu, menegakkan otonomi, dan mengembangkan diri sebagai institusi akademik dan kekuatan moral masyarakat secara berkelanjutan.

Salah satu lembaga penjaminan mutu eksternal yang dapat memberikan legalitas penyelenggaran kegiatan pendidikan, khususnya dalam pengelolaan sebuah perguruan tinggi adalah dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Untuk memperoleh akreditasi dimaksud, salah satu kelengkapan yang diperlukan adalah instrumen Evaluasi Diri dan Borang Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT). Oleh karena itu sangat dibutuhkan keterampilan teknis dalam penyusunan Evaluasi Diri dan Borang Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT)

 

 

maka pada tanggal 13-15 Maret 2017, Unit Penjaminan Mutu (UPM) telah melaksanakan Workshop Penyusunan Borang Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi dan Evaluasi Diri yang dilaksanakan di Hotel Grand Zuri Palembang. Adapun narasumber yang menyampaikan materi dalam WS ini adalah Prof. Ir. Dedik Budianta, M.S, Dr. Ir. Gatot Priyanto, MS dan Dr. Ermatita, M.Kom yang berasal dari Universitas Sriwijaya.

aipt1

Workshop yang dilaksanakan selama 3 hari  dan diikuti oleh 55 peserta ini bertujuan untuk :

  1. Memberikan jaminan bahwa institusi perguruan tinggi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan perguruan tinggi yang tidak memenuhi standar.
  2. Mendorong perguruan tinggi untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi
  3. Memberikan keterampilan teknis dalam menyusun Evaluasi Diri dan Borang Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) bagi semua pihak yang terkait dengan kegiatan penyusunan Evaluasi Diri dan Penyusunan Borang Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi di lingkungan Poltekkes Palembang.
  4. Memberikan persiapan awal dalam penyusunan borang akreditasi intitusi (AIPT) kepada semua unsur terkait di Lingkungan Poltekkes Palembang
  5. Menyamakan dan menyatukan persepsi dalam penyusunan borang akreditasi AIPTdi Lingkungan Poltekkes Palembang
  6. Terpenuhinya instrumen dan dokumen pendukung borang AIPT sebagai panduan bagi Poltekkes dan dasar dalam penyusunan program jangka waktu tertentu dan sebagai indikator dalam pencapaian kinerja

aipt3

Diharapkan setelah mendapatkan teori dan praktik dalam WS ini, akan semakin meningkatkan keterampilan tim akreditasi dalam menyusun dan menyempurnakan isi borang akreditasi institusi perguruan tinggi dan Evaluasi diri.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan WS Penyusunan Borang Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dan Evaluasi Diri (ED), maka Unit Penjaminan Mutu (UPM) membuat SK tim Penyusunan dan Pendukung borang AIPT dan ED serta membuat jadwal presentasi dari masing-masing tim penyusun borang AIPT dan ED. Hal tersebut bertujuan agar semua fihak dapat terlibat aktif dalam penyusunan borang AIPT dan ED serta untuk mensinkronisasikan isi dari masing-masing standar, Sehingga isi borang maupun dokumen yang disiapkan untuk menghadapi akreditasi Institusi dapat dipersiapkan secara optimal.(Intan Kumala Sari - Unit Penjamin Mutu)

aipt2

 

 

Penyelenggaraan Seleksi Tahap II Nusantara Sehat Periode I
Tahun 2017 di Politeknik Kesehatan Palembang

(8 Maret 2017)

nusantara

Gambar 1: Registrasi Peserta Seleksi Tahap II Nusantara Sehat Periode I Tahun 2017

Fokus kebijakan Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) untuk periode 2015 – 2019 adalah penguatan Pelayanan Kesehatan (Yankes) Primer. Prioritas ini didasari oleh permasalahan kesehatan yang mendesak seperti angka kematian ibu dan bayi yang masih tinggi, angka gizi buruk, serta angka harapan hidup yang sangat ditentukan oleh kualitas pelayanan primer. Penguatan yankes primer mencakup tiga hal: Fisik (pembenahan infrastruktur), Sarana (pembenahan fasilitas), dan Sumber Daya Manusia (penguatan tenaga kesehatan).

Program Nusantara Sehat merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dicanangkan oleh Kemenkes dalam upaya mewujudkan fokus kebijakan tersebut. Program Nusantara Sehat bertujuan untuk menguatkan layanan kesehatan primer melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar di Daerah Tertinggal, Perbatasan, Kepulauan (DPTK) dan Daerah Bermasalah Kesehatan (DBK).

Kementerian Kesehatan melaksanakan program Nusantara Sehat sejak tahun 2015-2016, telah mengerahkan 1422 orang tenaga kesehatan ditempatkan pada 251 lokus puskesmas pada 91 Kabupaten/Kota di 28 Provinsi se Indonesia, meliputi 9 jenis tenaga kesehatan, yaitu dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, ahli teknologi laboratorium medik, tenaga gizi, dan tenaga farmasi.

nusantara1

Pada tahun 2017 Kementerian Kesehatan kembali membuka peluang bagi Putra dan Putri Bangsa untuk bergabung menjadi Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat di 140 lokus puskesmas seluruh Indonesia. Peserta Tim Nusantara Sehat melalui proses seleksi administrasi yang telah diumumkan pada tanggal 27 Januari 2017 dan saat ini sedang berlangsung seleksi Tahap II Nusantara Sehat Periode I Tahun 2017 yang terdiri dari test psikologi, Focus Group Discussion (FGD), dan wawancara mulai tanggal 8 - 15 Maret 2017 di 12 Kota Provinsi yaitu Banda Aceh, Medan, Padang, Palembang, Jakarta, Semarang, Surabaya, Pontianak, Kupang, Makassar, Ambon, Jayapura dan untuk seleksi di kota Palembang dilaksanakan di Politeknik Kesehatan Palembang mulai tanggal 8 – 11 Maret 2017.(Eva Rachmawati - Humas)

 

 

PENDAMPINGAN BORANG AKREDITASI OLEH PUSDIK SDM KESEHATAN DAN ASESOR LAM PT KES DALAM RANGKA PERSIAPAN AKREDITASI PRODI DIII FARMASI DAN DIII ANALIS KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES PALEMBANG
(06-08 Maret 2017)

pendampingan2

Penjaminan mutu (quality assurance) pendidikan tinggi adalah merupakan proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pendidikan secara konsisten dan berkelanjutan sehingga pelanggan memperoleh kepuasan, serta proses untuk menjamin agar mutu lulusan sesuai dengan kompetensi yang ditetapkan/dijanjikan sehingga mutu dapat dipertahankan secara konsisten dan ditingkatkan secara berkelanjutan.

Perguruan tinggi dikatakan bermutu apabila mampu menetapkan dan mewujudkan visinya melalui pelaksanaan misinya (aspek deduktif), serta mampu memenuhi kebutuhan/memuaskan stakeholders (aspek induktif) yaitu kebutuhan masyarakat, dunia kerja dan profesional, sehingga, perguruan tinggi harus mampu merencanakan, menjalankan dan mengendalikan suatu proses yang menjamin pencapaian mutu.

pendampingan4

Dalam upaya penjaminan mutu kualitas pendidikan tinggi sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.50 tahun 2014 tentang sistem penjaminan mutu, Politeknik Kesehatan Palembang yang merupakan Unit Pelayan Teknis (UPT) Badan Pengembangan  Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDMK) Kementerian Kesehatan RI sebagai satu-satunya pendidikan tinggi vokasi negeri yang ada di Provinsi Sumatera Selatan berupaya terus menjamin pencapaian mutu melalui Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME). SPME dikontrol dan diaudit melalui kegiatan akreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM PT-Kes) sehingga obyektifitas penilaian terhadap pemeliharaan dan peningkatan mutu akademik secara berkelanjutan dapat diwujudkan.

pendampingan5

 

Pada tahun 2017 ini, ada 2 Prodi yang akan diakreditasi oleh LAM PT-Kes, yaitu Prodi DIII Farmasi dan Prodi D III Analis Kesehatan. Dalam rangka mempersiapkan akreditasi tersebut, Poltekkes Palembang melakukan kegiatan pendampingan borang 3A (untuk Prodi) dan 3B (untuk Pengelola) standar 1 s/d 7 dan evaluasi diri serta melakukan simulasi kunjungan ke masing-masing prodi. Kegiatan ini difasilitasi oleh Pusat Pendidikan SDM Kesehatan BPPSDMK Kemenkes RI.

Kegiatan pendampingan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 06 – 08 Maret 2017 bertempat di ruang rapat Poltekkes Palembang. Pendampingan dilakukan oleh asesor LAM PT-Kes bapak. Prof. Dr. H. Purwanto, Apt. dari Universitas Airlangga dan juga dihadiri ibu Pasmawati, SKM dan Yuni Windarti dari Pusat Pendidikan SDM Kesehatan. Peserta pendampingan borang akreditasi dihadiri oleh pengelola pendidikan baik ditingkat prodi maupun direktorat. 

Pada acara pembukaan pendampingan borang akreditasi, dalam sambutannya Pudir I yaitu Bapak Eddy Susanto, SKM, M.Kes menyampaikan bahwa dengan kehadiran tim pendampingan (asesor LAM PT-Kes dan Pusdik SDMK) diharapkan kepada seluruh pengelola institusi baik ditingkat prodi maupun direktorat akan dapat menambah wawasan dan lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi  reakreditasi yang sudah di depan mata. Pudir I juga menyampaikan agar seluruh prodi dilingkungan Poltekkes Palembang dalam melaksanakan setiap kegiatan tri dharma berorientasi pada akreditasi sehingga seluruh kegiatan harus didokumentasikan secara rutin sehingga tercipta budaya mutu, dengan demikian kapanpun tim asesor datang untuk melakukan assasmen sudah siap.

pendampingan1

Sambutan kedua, oleh ibu Pasmawati, SKM mewakili kepala Bidang Fasilitasi Akreditasi SDM Kesehatan, menyampaikan bahwa tujuan pendampingan borang ini adalah untuk mempersiapkan akreditasi prodi di Poltekkes sesuai dengan salah satu tupoksi Pusdik SDM Kesehatan No.64 tahun 2015 yaitu memfasilitasi akreditasi poltekkes. Dalam sambutannya, ibu Pasma juga menghimbau agar seluruh prodi yang akan di akreditasi menggali ilmu sebanyak banyaknya dari asesor serta kiat kiat untuk memperoleh nilai yang maksimal.

Semoga dengan pendampingan borang akreditasi yang telah difasilitasi oleh Pusdik SDM Kesehatan, akan semakin menyempurnakan isi borang 3A, 3B dan Evaluasi diri serta ketersediaan dokumen penunjang borang dapat dilengkapi, sehingga hasil yang optimal bisa kita raih. Aamiin.(intan kumalasari - upm)

 

SOSIALISASI DOSEN BERPRESTASI & SERTIFIKASI DOSEN
DI LINGKUNGAN POLTEKKES KEMENKES PALEMBANG
18 Januari s.d.01 Februari 2017

Mengawali tahun 2017, Unit Penjaminan Mutu (UPM) Poltekkes Kemenkes Palembang melakukan dua sosialisasi kegiatan yang selama ini sudah menjadi program tahunan UPM, yaitu sosialisasi dosen berprestasi dan sertifikasi dosen ke Prodi-prodi di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Palembang

 

Tujuan sosialisasi kegiatan tersebut adalah :
1. Sosialisasi dosen berprestasi : bertujuan untuk mempersiapkan kandidat dosen berprestasi di tingkat Prodi yang memenuhi kualifikasi sesuai dengan kriteria yang terdapat dalam “Pedoman pemilihan Dosen Poltekkes Kemenkes Berprestasi “sehingga terdapat kesamaan persepsi dalam proses penilaian dosen berprestasi.

Adapun komponen penilaian yang dilakukan meliputi ;

a. Kinerja Prestatif,

b. Kepribadian dan Sosial dan

c. Kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dan Unsur Penunjang. Diharapkan tahun ini ke-11 Prodi di Lingkungan Poltekkes Palembang dapat mengirimkan dosen terbaiknya untuk selanjutnya akan dilakukan seleksi dan penilaian di tingkat Poltekkes, dan bagi dosen yang meraih nilai tertinggi, akan mewakili Poltekkes mengikuti seleksi dosen berprestasi tingkat nasional.

 

2. Sosialisasi Sertifikasi Dosen : bertujuan untuk mempersiapkon calon dosen tersertikasi khususnya dosen fungsional yang namanya telah terdaftar pada data D1 PDPT, agar mempersiapkan segala persyaratan yang berlaku dalam proses penilaian sertifikasi dosen, diantaranya penilaian portofolio persepsional, deskripsi diri, penilaian TPA, Bahasa Inggris dan yang tak kalah penting adalah publikasi jurnal online. Diharapakan semua dosen yang mengikuti penilaian Serdos tahun ini dapat meraih predikat TERSERTIFIKASI sebagai bentuk profesionalisme seorang dosen dalam menjaga mutu tridharma perguruan tinggi.

 

Foto Kegiatan Sosialisasi Dosen Berprestasi dan Sertifikasi Dosen di Lingkungan Prodi Poltekkes Palembang

1. Prodi Keperawatan Lubuklinggau (18-20 Januari 2017)

sosialisasi dosber1

2.Prodi D III dan DIV Keperawatan Palembang (23 Januari 2017)

sosialisasi dosber2

3.Prodi DIII dan DIV Kebidanan (23 Januari 2017)

sosialisasi dosber3

4.Prodi DIII Keperawatan Gigi (24Januari 2017)

sosialisasi dosber4

5.Prodi Analis Kesehatan (25 Januari 2017)

sosialisasi dosber5

6.Prodi D III dan DIV Gizi (25  Januari 2017)

sosialisasi dosber6

7.Prodi D III Farmasi ( 26 Januari 2017)

sosialisasi dosber7

8.Prodi D III B Keperawatan Baturaja (30 Januari sd 1 Februari 2017)

sosialisasi dosber8

LINK JOURNAL

ebsco 

oke ones 

 

VIDEO DOKUMENTASI

E-LEARNING

Layanan media pembelajaran yang menggunakan media google classroom atau berbasis web.

 

E-LETTER

Layanan informasi disposisi surat berbasis web.

 

tes2

UPM

Layanan informasi Kuisioner Dosen dan Institusi.

 

SIPENMARU POLTEKKES PALEMBANG

Penerimaan Mahasiswa Baru dengan menggunakan JALUR UMUM(UJI TULIS),PMDP dan Gakin

 

 

 

 

E-ACADEMIC

Fasilitas untuk mengakses kegiatan akademik, mulai dari Penjadwalan Kuliah, KRS sampai dengan KHS.

 

E-LAB INVENTORY

Fasilitas informasi layanan inventaris barang Labaratorium berbasis web.

 

asna

E-SIMPRES

Fasilitas Pengolahan Absen Pegawai Berbasis Web.

E-LIBRARY

Layanan Informasi perpustakaan yang menyangkut koleksi, katalog, peminjaman dan pengembalian buku.

 

TRACER STUDY

Pelacakan alumni dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja.

 

pengabmas3

PENGABMAS

Website Pengabmas Poltekkes Kemenkes Palembang.

 

 

E-JOURNAL

Kumpulan jurnal ilmiah yang diterbitkan dari berbagai program studi.

 

WEBMAIL

Layanan webmail gratis yang terintegrasi dengan akun google mail.

 

Untitled 3

E-DOCUMENT

Layanan  Alumni dan Dosen.